relation: http://eprints.uny.ac.id/7797/ title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK N 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 creator: EEN, RUHAMA subject: Akuntansi subject: Perpustakaan description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar akuntansi siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Model Pembelajaran Two Stay Two Stray adalah model pembelajaran kooperatif yang memungkinkan setiap kelompok untuk saling berbagi informasi dengan kelompok-kelompok lain. Metode penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus sebanyak dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat rencana tindakan yaitu: perencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observation), refleksi (reflection). Materi yang dipilih yaitu Mengelompokkan Dokumen Sumber dan Melakukan Pencatatan Transaksi dalam Jurnal dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 1 SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pengamatan langsung aktivitas di kelas dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan catatan lapangan, lembar observasi dan daftar check list dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, deskripsi data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada siklus I sampai siklus II. Hal ini dibuktikan dengan aktivitas belajar siswa saat proses pembelajaran pada siklus I pertemuan pertama sebesar 63.66%, meningkat sebesar 68.85% pada pertemuan kedua, pada siklus II pertemuan pertama aktivitas belajar lebih meningkat menjadi 79.85%, dan meningkat lagi sebesar 95% pada pertemuan kedua. Selain itu, terdapat peningkatan terhadap hasil pre test dan post test tiap siklusnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil pre test siswa pada siklus I sebesar 57.22 dan meningkat pada post test menjadi 79.9, pada siklus II hasil pre test siswa sebesar 76.14 dan meningkat juga pada post test menjadi 86.17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa. Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Aktivitas Belajar date: 2012-05-04 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/7797/1/1-08403244036.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/7797/2/BAB%201-08403244036.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/7797/3/BAB%202-08403244036.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/7797/4/BAB%205-08403244036.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/7797/5/LAMPIRAN-08403244036.pdf identifier: EEN, RUHAMA (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK N 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.