eprintid: 77891 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/07/78/91 datestamp: 2023-07-18 07:48:37 lastmod: 2023-07-18 07:48:37 status_changed: 2023-07-18 07:48:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wili, Neysha Sarita corp_creators: Dr. Eddy Purnomo, M.Kes. title: Pengembangan SORSA Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Lari Jarak Pendek Peserta didik Tunanetra ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pjkr full_text_status: public keywords: pembelajaran, alat sensor, lari jarak pendek, tunanetra, Sekolah Luar Biasa note: Dosen Pembimbing: Dr. Eddy Purnomo, M.Kes. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa alat sensor getar ”Sorsa” untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran lari jarak pendek peserta didik tunanetra. Media ini dikembangkan sesuai kebutuhan anak tunanetra yang tidak dapat melihat arah dalam melakukan aktivitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menghasilkan sebuah produk berupa media alat bantu dan buku pedoman yang berisi langkah-langkah penggunaan alat yang dikembangkan dan diharapkan mampu membantu proses pembelajaran peserta didik anak berkebutuhan khusus khususnya tunanetra di SLB. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Alasan peneliti memilih model ADDIE dikarenakan model pengembangan ini lebih efektif dan tahapan kerja lebih sistematik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, untuk uji kecil di SLB TPI Medan, dan untuk uji besar dilakukan di SLB se-Kabupaten Gunungkidul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; penilaian ahli materi menyatakan sangat layak dengan persentase layak 60%, sangat layak 40% dan ahli media menyatakan sangat layak dengan persentase 60% layak, 40% sangat layak. Untuk melihat hasil uji efektivitas, peneliti menggunakan uji-t yang menunjukkan bahwa hasil pretest dan posttest pada peserta didik tunanetra dapat dilihat bahwa asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Hasil tersebut < 0,05 sehingga dapat diputuskan bahwa Ha yang menyatakan “hasil belajar sebelum diberikan media pembelajaran sorsa tidak sama dengan hasil belajar setelah diberikan media pembelajaran sorsa”, diterima. Artinya, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada pretest dan posttest peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas hasil belajar peserta didik tunanetra dalam materi lari jarak pendek menggunakan media alat sensor getar pada peserta didik tunanetra. date: 2023-06-16 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani thesis_type: tesis citation: Wili, Neysha Sarita (2023) Pengembangan SORSA Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Lari Jarak Pendek Peserta didik Tunanetra. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/77891/1/fulltext_neysha%20sarita%20wili_21633251013.pdf