TY - THES ID - UNY77868 KW - Pengembangan Media Pembelajaran KW - Media Pembelajaran Word Wall KW - Bahasa Inggris KW - Vocabulary. Y1 - 2023/09/07/ AV - restricted A1 - Pradana, Himawan Adi TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORD WALL UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS KELAS V DI SD NEGERI GIYONO PB - Fakultas Ilmu Pendidikan N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Word Wall yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD Negeri Giyono. Media pembelajaran Word Wall berisi tentang dasar-dasar vocabulary berbahasa Inggris yang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan kosa kata siswa kelas V di SD Negeri Giyono. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang dikemukakan oleh Lee dan Owens (2004). Prosedur pengembangan ADDIE memiliki lima tahap, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap developmen,tahap implementasi dan tahap evaluasi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya kuesioner validasi ahli materi, kuesioner validasi media, kuesioner respon siswa dan tes penguasaan materi. Kuesioner digunakan untuk mengukur kelayakan media pembelajaran dan tes penguasaan materi yang digunakan untuk mengukur tingkat efektifitas media pembelajaran Word Wall. Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli materi dan validator ahli media, sedangkan untuk subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode evaluasi formatif dan sumatif. Penelitian ini telah menghasilkan produk media pembelajaran Word Wall yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas V SD Negeri Giyono. Hal ini dibuktikan dengan data hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli media menghasilkan kategori layak (3,4), Hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli media menghasilkan kategori layak (2,9). Hasil validasi berdasarkan angket respon siswa menghasilkan kategori layak (3,0). Sedangkan dalam tingkat efektifitas yang diukur dengan tes penguasaan materi, pada tahap pre-test mendapatkan skor rata-rata 50,5 dan tahap post-test mendapatkan skor 67,4. Apabila dikonversikan dalam bentuk persentase, untuk efektifitas media pembelajaran Word Wall mendapatkan kenaikan skor sebesar 16,9%. M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/77868/ ER -