TY - THES A1 - EVI ROVIKOH, INDAH SAPUTRI PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TI - DINAMIKA KULTUR DALAM KEHIDUPAN SEKOLAH DENGAN STATUS RINTISAN BERTARAF INTERNASIONAL DI SMP 2 BREBES AV - public Y1 - 2012/07/02/ KW - Dinamika KW - Kultur Sekolah. ID - UNY7779 UR - http://eprints.uny.ac.id/7779/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika kultur artifak, nilai dan keyakinan serta asumsi yang berlaku di SMP 2 Brebes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode penentuan subjek menggunakan purpose sampling. Subjek penelitiannya kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa, karyawan tata usaha, pegawai laboratorium, perpustakaan, kepala bagian sarana dan prasarana. Objek kajian terkait aspek kultur sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara mendalam, pengamatan, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model interaksi meliputi empat langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika kultur dalam kehidupan sekolah yang berlaku di SMP 2 Brebes ditentukan oleh proses transformasi nilai yang dilakukan oleh sekolah melalui prinsip budaya sekolah yang dipengaruhi oleh dua aspek penting yakni modal pendidikan dan partisipasi. Modal pendidikan diawali dengan pengembangan budaya mutu melalui budaya sekolah untuk memperbaiki school performance yang memerlukan dukungan modal intelektual, modal sosial, modal budaya pada satuan pendidikan. Manajemen modal pendidikan didasarkan pada komitmen antar peran yang terlibat dalam pengelolaan pendidikan diantaranya a) kultur artifak seperti perilaku verbal dan non verbal ditunjukan subjek penelitian diantaranya tata tertib, kedisiplinan, kemampuan teknis, strategi, kebijakan, menyusun strategi, memberikan informasi, diskusi, kolaborasi, tata krama, budaya belajar, melakukan pelayanan. Bentuk perilaku verbal memajang tulisan slogan, katamutiara, himbauan. Hasil Prestasi SMP 2 Brebes menunjukan sekolah unggul dalam prestasi akademik dan non akademik, siswa meraih prestasi berbagai macam bidang perlombaan. Benda hasil budaya, fasilitas penunjang belajar tertata dan terpelihara dengan baik, seperti ruang kelas, ruang laboratorium IPA, laboratorium bahasa, komputer, perpustakaan. b) nilai dan keyakinan yang diterapkan keimanan dan ketakwaan, kejujuran, keterbukaan, menghargai orang lain, persatuan dan kesatuan, bersikap dan berprasangka positif, disiplin diri, tanggung jawab, kebersamaan. Sekolah mengembangkan nilai melalaui kegiatan ekstrakurikuler dan sosialisasi hasil prestasi. c) asumsi, cara belajar yang berbeda dan kebutuhan dalam belajar yang berbeda, tergantung dengan tingkat kesulitan materi belajar. Kata kunci: Dinamika, Kultur Sekolah M1 - skripsi ER -