TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membilang melalui kegiatan bermain dengan benda-benda konkrit di kelompok A TK Lembaga Tama III Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini dilaksanakan karena dilatarbelakangi kemampuan anak dalam membilang di kelompok A TK Lembaga Tama III yang masih rendah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A TK Lembaga Tama III, Sutran Sabdodadi Bantul yang berjumlah 21 anak yang terdiri dari 12 laki-laki dan 9 perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. PTK ini terdiri dari 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan evaluasi untuk mengukur tingkat hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan teknik kolaboratif. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan bermain dengan benda-benda konkrit dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membilang. Hal tersebut diketahui dengan peningkatan nilai rata-rata sebelum tindakan (pre- test) dan setelah tindakan (post test). Nilai rata-rata kemampuan anak dalam membilang melalui kegiatan bermain dengan benda-benda konkrit sebelum tindakan dengan menggunakan tes yaitu 5,24. Nilai rata-rata pada siklus I pertemuan 1 yaitu 5,90 (meningkat 0,66). Siklus I pertemuan 2 yaitu 7,71 (meningkat 1,81). Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 yaitu 8,48 (meningkat 0,77). Siklus II pertemuan 2 yaitu 9,24 (meningkat 0,76). Y1 - 2012/06/15/ A1 - Nindyani, Veranita PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA AV - public KW - kemampuan membilang KW - benda-benda konkrit KW - TK Lembaga Tama III TI - PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI KEGIATAN BERMAIN DENGAN BENDA-BENDA KONKRIT PADA ANAK-ANAK KELOMPOK A TK LEMBAGA TAMA III SUTRAN SABDODADI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012 M1 - skripsi ID - UNY7778 UR - http://eprints.uny.ac.id/7778/ ER -