TY - THES Y1 - 2023/// N2 - E-Module flip book makers berbasis PBL merupakan media belajar yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan e-Module flip book makers berbasis PBL untuk meningkatkan motivasi dan prestasi Menulis Teks Ulasan di SMP, (2) menghasilkan e-Module flip book makers berbasis PBL yang layak untuk meningkatkan motivasi dan prestasi Menulis Teks Ulasan di SMP, (3) menghasilkan e-Module flip book makers berbasis PBL yang praktis untuk meningkatkan motivasi dan prestasi Menulis Teks Ulasan di SMP, dan (4) Menghasilkan e-Module flip book makers berbasis PBL yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi Menulis Teks Ulasan di SMP. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian ini meliputi: 1 Ahli Psikologi, 2 Ahli Materi, 2 Ahli Pembelajaran, 2 Guru bahasa Indonesia, 6 peserta didik, 3 one-to-one, 10 small group, dan 31 peserta didik untuk masing-masing kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, observasi, angket instrumen kelayakan dan kepraktisan, serta tes keefektifan E-Module. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, t-test, yaitu independent atau pair sample t test dan N-Gain. Hasil penelitian ini yaitu e-Module menggunakan aplikasi Flibuilder dengan hasil export berbentuk PDF FlipHTML5 yang berisi materi menelaah struktur, kaidah kebahasaan, dan menulis teks ulasan. Hasil menunjukkan bahwa: (1) E- Module flip book makers berbasis PBL bermanfaat meningkatkan motivasi dan prestasi menulis teks ulasan di SMP sesuai model ADDIE. (2) E-Module yang dikembangkan dinyatakan sangat layak berdasarkan uji kelayakan Ahli Materi (3,90) pada aspek materi, dan skor 3 pada aspek prestasi belajar domain kognitif dan psikomotorik, serta oleh Ahli Pembelajaran (3,67). (3) E-Module yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis sesuai uji respon guru (3,90), one-to-one (3,73), dan small group (3,53). (4) E-Module yang dikembangkan dinyatakan efektif sesuai uji keefektifan e-Module dalam pretest-posttest kelas eksperimen- kontrol, dengan uji t, yaitu independent atau pair sample t test dan N-Gain. Berdasarkan hasil t-test, skor motivasi dan prestasi belajar domain kognitif dan psikomotorik diperoleh Sig. 0,000 < 0,05. Selanjutnya, skor N-Gain motivasi belajar kelas eksperimen-kontrol (0,694 & 0,031), serta skor prestasi belajar kelas eksperimen-kontrol pada domain kognitif (0,623 & 0,027) dan psikomotorik (0,592 & 0,015). Kedua variabel tersebut berada pada kategori sedang untuk kelas eksperimen dan rendah untuk kelas kontrol. PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi A1 - SINA, SIPRIANUS M1 - tesis ID - UNY77774 AV - restricted TI - PENGEMBANGAN E-MODULE FLIP BOOK MAKERS BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI MENULIS TEKS ULASAN DI SMP KW - e-Module KW - flip book makers KW - problem based learning KW - motivasi KW - prestasi KW - menulis teks ulasan UR - http://eprints.uny.ac.id/77774/ ER -