%I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012 %T PENGARUH PENGGUNAAN METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI CEPIT SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012 %K metode inkuiri, hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial. %A NURAINI EVI %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Cepit Sewon Bantul tahun ajaran 2011/2012. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experimental designs. Desain penelitian ini adalah Intact-Group Comparison. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 51 siswa, yang terdiri dari 25 siswa kelas IVA dan 26 siswa kelas IVB. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknis analisis data perhitungan deskriptif. Analisis hasil belajar dilakukan secara kuantitatif dengan menghitung nilai ratarata, standar deviasi, dan range. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran IPS sudah sesuai dengan langkah-langkah penggunaannya, yang meliputi tahap orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan. Nilai ratarata hasil belajar post-test siswa pada kelas eksperimen adalah 80,73 lebih tinggi dari nilai rata-rat post-test kelompok kontrol 72,90. Standar deviasi dan range kelompok ekperimen lebih kecil dibanding kelompok kontrol. Standar deviasi dan range kelompok eksperimen adalah 6,7 dan 23,3, sedangkan standar deviasi dan range untuk kelompok kontrol adalah 9,7 dan 33,4. Berdasarkan nilai rata-rata, standar deviasi, serta range kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Cepit Sewon Bantul tahun ajaran 2011/2012. Kata kunci: metode inkuiri, hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial. %L UNY7777