%0 Thesis %9 S1 %A Nindya, Ristyandini %A Dwi Yunairifi, M.Si., %A Bambang Saptono, M.Si., %A Dr. Cepi Safrudin AJ., M.Pd., %B FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN %D 2012 %F UNY:7776 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K Gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran, prestasi belajar Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKn %T PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SANGGRAHAN KRANGGAN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2011/2012 %U http://eprints.uny.ac.id/7776/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Sanggrahan Kranggan Temanggung Tahun Ajaran 2011/2012. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh positif gaya kepemimpinan situasional terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Sanggrahan Kranggan Temanggung tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis pre-exsperimental design tipe One Shot Case Study Design. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sanggrahan dengan jumlah 37 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012, yakni pada bulan maret sampai april 2012. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumen. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis data uji t dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKn dengan rata-rata nilai siswa sebelum dilakukan treatment gaya kepemimpinan situasional sebesar 71,10 dan setelah dilakukan treatment gaya kepemimpinan situasional sebesar 75,16. Hasil penelitian dianalisis dengan statistik uji t bahwa nilai t sebesar -27,936 dan sig 0,000 yang berarti nilai sig menyatakan < 0,05. Sumbangan gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 31,4%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran dapat memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Sanggrahan Kranggan Temanggung tahun ajaran 2011/2012.