eprintid: 77739 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/77/39 datestamp: 2023-06-19 04:18:26 lastmod: 2023-06-19 04:18:26 status_changed: 2023-06-19 04:18:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Winanto, Adi creators_name: Prasetyo, Zuhdan Kun title: Pengembangan Model Pembelajaran IPA SD Berbasis Kerangka Kerja C-TPACK untuk Meningkatkan Nilai-nilai Karakter dan Keterampilan Abad 21. ispublished: pub subjects: D1 subjects: ipa divisions: pps_ip full_text_status: restricted keywords: Model pembelajaran, C-TPACK, pendidikan karakter, keterampilan abad 21 abstract: Pendidikan di abad 21 ini menuntut upaya untuk membentuk peserta didik dengan nilai-nilai karakter yang baik dan keterampilan berpikir kritis, kreatif, berkolaborasi dan komunikasi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan karakteristik model pembelajaran IPA SD berbasis kerangka kerja Character Education, Technological, Pedagogical and Content Knowledge (C-TPACK), (2) mengetahui kelayakan model pembelajaran IPA SD berbasis kerangka kerja C-TPACK, (3) mengetahui kepraktisan model pembelajaran IPA SD berbasis kerangka kerja C-TPACK dan (4) mengetahui keefektifan model pembelajaran IPA SD berbasis kerangka kerja C-TPACK untuk meningkatkan nilai-nilai karakter dan keterampilan abad 21. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengikuti tahapan dari Borg & Gall. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen dari Program Studi PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana. Model pembelajaran IPA berbasis kerangka kerja C-TPACK divalidasi oleh para ahli kemudian diimplementasikan ke dalam kelas matakuliah Konsep Dasar IPA. Analisis kebutuhan dilakukan melalui angket, wawancara dan observasi. Kelayakan model pembelajaran untuk mengetahui validitas model diukur dengan menggunakan instrumen validasi model pembelajaran. Kepraktisan model pembelajaran diukur dengan pencapaian nilai karakter dan keterampilan abad 21. Sedangkan efektivitas model pembelajaran terhadap nilai karakter dan keterampilan abad 21 diukur dari hasil lembar observasi, angket dan rubrik penilaian. Data dianalisis secara deskriptif untuk mendeskripsikan model pembelajaran yang dikembangkan dan analisis inferensial untuk mengetahui efektivitas model C-TPACK dibandingkan model yang lain. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) model pembelajaran IPA berbasis kerangka kerja C-TPACK untuk meningkatkan nilai-nilai karakter dan keterampilan abad 21 memiliki sintaks seperti problem based learning tetapi dengan memasukkan nilai-nilai karakter di dalamnya (a) orientasi mahasiswa pada masalah, (b) mengorganisasi mahasiswa untuk belajar, (c) membimbing investigasi mandiri dan kelompok, (d) mengembangkan dan menyajikan karya/produk dan (e) analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Model pembelajaran ini dilengkapi dengan sistem pendukung SAP, materi ajar, LKM, instrumen penilaian nilai karakter dan keterampilan abad 21. (2) Model pembelajaran IPA berbasis kerangka kerja C-TPACK ini menurut ahli materi IPA dan pendidikan karakter layak untuk meningkatkan nilai-nilai karakter dan keterampilan abad 21. (3) Model pembelajaran IPA berbasis kerangka kerja C-TPACK ini praktis untuk meningkatkan nilai- nilai karakter dan keterampilan abad 21. (4) Model pembelajaran IPA berbasis kerangka kerja C-TPACK ini efektif meningkatkan nilai-nilai karakter dan keterampilan abad 21. date: 2023-02-01 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Ilmu Pendidikan thesis_type: disertasi referencetext: Agung, A. A. G. (2010a). Metodologi Penelitian Pendidikan: Suatu pengantar. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha. Agung, A. A. G. (2010b). Metodologi Penelitian Pendidikan: Suatu pengantar. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha. Airlanda, G. S. (2018). Silabus Konsep Dasar IPA. Salatiga: FKIP UKSW. Alake-Tuenter, E., Biemans, H. J. A., Tobi, H., & Mulder, M. (2013). Inquiry- based science teaching competence of primary school teachers: A Delphi study. Teaching and Teacher Education, 35, 13–24. https://doi.org/10.1016/j.tate.2013.04.013 Amalia, B. I., & Sugiri, A. (2014). Ketersediaan Air Bersih dan Perubahan Iklim: Studi Krisis Air di Kedungkarang Kabupaten Demak. Jurnal Teknik PWK, 3(2), 295–302. Arends, D., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning: Becoming an accomplished teacher. Routledge. New York: Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203866771 Arends, R. (1997). Classroom instruction and management. New York: McGraw- Hill Book Company. Arends, R. (2012). Learning to Teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill. Asmani, J. M. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press. Barrows, H., & Tamblyn, R. (1980). Problem-based Learning: An Approach to Medical Education. New York: Springer. Barus, G. (2019). Menakar Hasil Pendidikan Karakter Terintegrasi di SMP. Kinabalu, 11(2), 50–57. BPPB. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Diambil dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/ Chai, C. S. (2018). Designing TPACK Lesson. Diambil 3 Februari 2019, dari https://docs.google.com/presentation/d/1Qkb3Wg0Prv54KjClx9FG_c7VK8r 5DLMOz75trf9A76g/edit#slide=id.p27 210 Chai, C. S., Koh, J. H. L., & Tsai, C. C. (2010). Facilitating preservice teachers’ development of technology, pedagogical and content knowledge (TPACK). Educational Technology & Society, 13(4), 63–73. Chai, C. S., Ling Koh, J. H., Tsai, C.-C., & Lee Wee Tan, L. (2011). Modeling primary school pre-service teachers’ Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for meaningful learning with information and communication technology (ICT). Computers & Education, 57(1), 1184– 1193. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2011.01.007 Chusnani, D. (2013). Pendidikan Karakter Melalui Sains. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 9–13. Citra, Y. (2012a). Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 237–249. Citra, Y. (2012b). Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 237–249. Collete, A. T., & Chiappetta, E. L. (1994). Science instruction in the middle and secondary schools (3rd Editio). New York: Macmillan Publishing Company. Dalmeri. (2014). Pendidikan untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum, 14(1), 269–288. Davidson, M. (2014). A Character Education Research Perspective for the 21 St Century. Journal of Character Education, 10(1), 77–83. Davidson, M., Khmelkov, V., Baker, K., & Lickona, T. (2011). Values education: The Power2Achieve approach for building sustainability and enduring impact. International Journal of Educational Research, 50(3), 190–197. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2011.07.006 Denomy, V. L., & Perry, M. (2014). Education for The 21 St Century. Dalam HARVARD Advanced Leadership Initiative Think Tank (hlm. 50). Cambridge: Harvard Advanced Leadership Initiative. Dewantara, K. H. (2013). Ki Hadjar Dewantara, Bagian Pertama: Pendidikan. (M. L. P. Tamansiswa, Ed.). Yogyakarta: UST Press. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2019). 15 Permasalahan Lingkungan Hidup Indonesia dan Penyebabnya. Banten. Dischler, P. A. (2014). Teaching the 3 Cs: Creativity, curiosity and courtesy: Activities that build a foundation of success. Thousand Oaks: Corwin. Fadhlulloh, M. Y., & Hidayati, Y. M. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik ditinjau dari Keterampilan Abad 21 dan HOTS di Sekolah Dasar. 211 Jurnal Basicedu, 5(6), 5488–5497. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1605 Fatonah, S., & Prasetyo, Z. (2014). Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Ford, M. P., & Opitz, M. F. (2015). Helping Young Children Discover the Joy of Learning. Review of Human Factor Studies, 21(1), 27–42. Gall, M. D., Borg, W. R., & Gal, J. P. (2003). Educational Research: An Introduction (7th Edition). Boston: Allyn & Bacon. Gardner, H. (2007). Five Minds for the Future. Boston: Harvard Business School. Gay, L. R. (1991). Educational evaluation and measurement: Competencies for analysis and application. New York: Macmillan Publishing Company. Gómez, M. (2015). When Circles Collide: Unpacking TPACK Instruction in an Eighth-Grade Social Studies Classroom. Computers in the Schools, 32(3/4), 278–299. https://doi.org/10.1080/07380569.2015.1092473 Gutek, G. L. (1974). Philosophical alternatives in education. Merrill Coordinated Teacher Preparation Series. Hake, R. R. (1999). Analyzing Change / Gain Score. Harasim, L. (2012). Learning theory and online technologies. Learning Theory and Online Technologies. https://doi.org/10.4324/9780203846933 Hastuti, W. S. (2014). RPS Konsep Dasar IPA. Yogyakarta: FIP UNY. Hopkins, D., & Craig, W. (2015). Curiosity and powerful learning. Melbourne, Australia: McRel International. Howe, A. C., & Jones, L. (1993). Engaging children in science. New York: Macmillan Publishing Company. Ika. (2019). Lima Solusi Atasi Sampah ala UGM. Diambil 30 Maret 2019, dari https://www.ugm.ac.id/id/berita/17788-lima-solusi-atasi-sampah-ala-ugm Jacobson, W. J., & Bergman, A. B. (1991). Science for children : A book for teacher (3rd Editio). Needham Heights: Allyn and Bacon. Jang, S. J., & Chen, K. C. (2010). From PCK to TPACK: Developing a Transformative Model for Pre-Service Science Teachers. Journal of Science Education and Technology, 19(6), 553–564. https://doi.org/10.1007/s10956- 010-9222-y Jia, Y., Oh, Y. J., Sibuma, B., LaBanca, F., & Lorentson, M. (2016). Measuring twenty-first century skills: development and validation of a scale for in- 212 service and pre-service teachers. Teacher Development, 20(2), 229–252. https://doi.org/10.1080/13664530.2016.1143870 John-Steiner, V. (2011). Collaboration. Dalam Encyclopedia of creativity (hlm. 222–225). San Diego: Academic Press. https://doi.org/10.1044/0161- 1461.2304.369 Joyce, B., & Weil, M. (1980). Models of teaching. Boston: Person Education. Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2016). Models of teaching. (D. oleh R. K. Pancasari, Ed.) (Edisi Kese). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kabakci Yurdakul, I., & Coklar, A. N. (2014). Modeling preservice teachers’ TPACK competencies based on ICT usage. Journal of Computer Assisted Learning, 30(4), 363–376. https://doi.org/10.1111/jcal.12049 Kahraman, S., Yilmaz, Z. A., Bayrak, R., & Gunes, K. (2014). Investigation of Pre-service Science Teachers’ Self-efficacy Beliefs of Science Teaching. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 136, 501–505. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.364 Kardono. (2007). Integrated Solid Waste Management in Indonesia. Dalam Proceedings of International Symposium on Eco Topia Science (hlm. 629– 622). ISETS07. Karlsson, L. (2003). Ethics and Information and Communication Technology. Dalam IFAC Proceedings (hlm. 75–80). Sweden: IFAC Automated Systems Based on Human Skill. Kemdikbud. (2016a). Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Guru. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud, B. P. dan P. B. (2016b). KBBI Daring. Diambil dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/Beranda Kholiq, I. (2012). Pemanfaatan Energi Alternatif sebagai Energi Terbarukan untuk Mendukung Subtitusi BBM. Current Opinion in Environmental Sustainability, 4(1), i. https://doi.org/10.1016/s1877-3435(12)00021-8 Khusniati, M. (2014). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian, 10(1), 204–210. https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.354 Kier, M. W., & Lee, T. D. (2017). Exploring the role of identity in elementary preservice teachers who plan to specialize in science teaching. Teaching and Teacher Education, 61, 199–210. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.10.016 Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9, 60–70. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.07.009 213 Koh, Joyce H. L., & Divaharan, S. (2011). Developing pre-service teachers’ technology integration expertise through the TPACK-developing instructional model. Journal of Educational Computing Research, 44(1), 35– 58. https://doi.org/10.2190/EC.44.1.c Koh, Joyce Hwee Ling, Chai, C. S., & Tsai, C. C. (2013). Examining practicing teachers’ perceptions of technological pedagogical content knowledge (TPACK) pathways: A structural equation modeling approach. Instructional Science, 41(4), 793–809. https://doi.org/10.1007/s11251-012-9249-y Kuslan, L. I., & Stone, A. H. (1968). Teaching children science: an inquiry approach. California: Wadsworth Publishing Company, Inc. Lee, C., Jen, P., Pan, D., Liao, C., Chen, H., & Walters, B. G. (2013). E-character education among digital natives : Focusing on character exemplars. Computers & Education, 67, 58–68. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.02.020 Lee, G. L., & Manning, M. L. (2013). Encouraging Positive Character Traits, (October), 283–286. https://doi.org/10.1080/00094056.2013.830879 Leherissey, B. L. (1971). The Development of a Measure of State Epistemic Curiosity. Tech Memo, 34, 38. Leming, J. (1997). Whither goes character education? Objectives, pedagogy, and research in education programs. Journal of Education, 179, 11–34. Lewis, S., Robinson, E., & Hayes, B. (2011). Implementing an Authentic Character Education Curriculum. Childhood Education, 87(4), 227–231. Lickona, T. (1992). Educating for Character: How our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Doubleday. Lickona, T., Schaps, E., & Lewis, C. (2001). What is Effective Character Education? By Thomas Lickona. Dalam The Story Brook School Symposium (hlm. 1–12). Lickona, Thomas. (1996). Eleven principles of effective character education. Journal of Moral Education, 25(1), 93–100. https://doi.org/10.1080/0305724960250110 Listiawati, N. (2018). The Implementation of the Strengthening Character Education in SDN 09 Mataram City Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan Karakter, VIII(1), 17–28. Litman, J. A., & Spielberger, C. D. (2003). Measuring epistemic curiosity and its diversive and specific components. Journal of Personality Assessment, 80(1), 75–86. https://doi.org/10.1207/S15327752JPA8001_16 214 Maeng, J. L., Mulvey, B. K., Smetana, L. K., & Bell, R. L. (2013). Preservice Teachers’ TPACK: Using Technology to Support Inquiry Instruction. Journal of Science Education and Technology, 22(6), 838–857. https://doi.org/10.1007/s10956-013-9434-z Makhrus, Muh., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai “Role Model” Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran Ipa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.171 Mardhiyana, D. (2017). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Mahasiswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Evaluasi Proses Dan Hasil Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 1–8. Markey, A., & Loewenstein, G. (2014). International handbook of emotions in education. New York, NY: Routledge. McCormack, A. J., & Yager, R. E. (1989). A New Taxonomy of Science Education. The Science Teacher, 56(2), 47–48. Mendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.22 Tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah (2016). Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 47. Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A new framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. National Education Association. (2012). Preparing 21st century students for a global society: An Educator’s Guide to the “Four Cs.” Washington DC. Nissim, Y., Weissblueth, E., Scott-Webber, L., & Amar, S. (2016). The Effect of a Stimulating Learning Environment on Pre-Service Teachers’ Motivation and 21st Century Skills. Journal of Education and Learning, 5(3), 29. https://doi.org/10.5539/jel.v5n3p29 Olson, S., & Horsley, S. L. (2000). Inquiry and the National Science Education Standards: A guide for teaching and learning. Washington DC: National Academic Press. 215 Partnership for 21st Century Learning. (2007). Framework For 21st Century Learning Definition. Partnership for 21st Century Skills. (2011). Critical Thinking and Problem Solving. Diambil 16 Mei 2011, dari http://www.p21.org/index.php?option=com_%0Acontent&task=view&id=26 0&Itemid=120 Prasetyo, Z. K. (2012). Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Sains, (September), 1–5. Pudlao, J. (2012). 10 Scientific Attitudes. Diambil 17 Oktober 2017, dari https://prezi.com/nki7ppk1gozo/10-scientific-attitudes/ Republik Indonesia. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003). https://doi.org/10.1111/j.1651- 2227.1982.tb08455.x Rowson, J., Young, J., Spencer, N., Lindley, E., & Gecius, E. (2012). The power of curiosity: How linking inquisitiveness to innovation could help to address our energy challenges. RSA Social Brain Centre, 1(June), 1–36. Salvi, M. (2012). Ethics and Information and Communication Technology. Opinion, 36(26), 97. https://doi.org/102796/13541 Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology (Fifth Edit, Vol. 4). New York: McGraw-Hill Book Company. Sari, M. (2016). 17 Kekurangan dan Kelebihan Bahan Bakar Fosil. Diambil 11 November 2019, dari https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/kekurangan-dan- kelebihan-bahan-bakar-fosil Sayuti. (2017). Permasalahan Sampah dan Solusinya. Diambil 19 Juni 2020, dari https://dlhk.bantenprov.go.id/read/article/373/Permasalahan-Sampah-Dan- Solusinya.html Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective. Reading (Vol. 5). Scott, C. L. (2015). The Futures of Learning 3: what kind of pedagogies for the 21st century? Education Research and Foresight, 1–21. https://doi.org/10.1016/j.pse.2015.08.005 Shulman, L. S. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Researcher, 15(2), 4–14. Silmi, M., & Kusmarni, Y. (2017). Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Media Puzzle. FACTUM: Jurnal 216 Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 6(2), 230–242. https://doi.org/10.17509/factum.v6i2.9980 Sindo, K. (2018). 10 Problem Besar Lingkungan di Indonesia. Diambil 22 Maret 2018, dari https://nasional.sindonews.com/berita/1302781/15/10-problem- besar-lingkungan-di-indonesia Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151 Slamet. (2014). Politik Pendidikan Indonesia dalam Abad 21. Cakrawala Pendidikan, XXXIII(3), 324–337. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/cp.v3i3.2377 Solehuzain, & Dwidayati, N. K. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu pada Model Problem-Based Learning dengan Masalah Open Ended. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 103–111. Diambil dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer Srisawasdi, N. (2012). The role of TPACK in physics classroom : case studies of preservice physics teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 3235–3243. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.043 Stiff-Williams, H. R. (2010). Widening the Lens to Teach Character Education Alongside Standards Curriculum. The Clearing House, 83(4), 115–120. https://doi.org/10.1080/00098651003653030 Sudana, D. N., & Astawan, I. G. (2013). Pendidikan IPA SD. Singaraja: Undiksha. Suhardjono. (2001). Pedoman penyusunan karya tulis ilmiah dibidang pendidikan pengembangan profesi. Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan (Ketiga). Bandung: Remaja Rosdakarya. Suprihatin, A., Prihanto, D., & Gelbert, M. (1999). Sampah dan Pengelolaannya. Malang: Indah Offset. Suyudi, A. (2003). Individual Textbook: Dasar-dasar Sains. Malang: Universitas Negeri Malang. Syafrina, A. (2014). Studi Kinerja Guru Sekolah Dasar dalam Mengajar IPA dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya di SD Negeri 16 Banda Aceh. Pesona Dasar, 1(3). 217 Tamara, R. M. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di Sma Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 44. https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3467 Taylor, M., & Moynihan, E. (2002). Analysing IT Ethics. Systems Research and Behavioral Science, 19, 49–60. Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010a). Metode Penelitian Pengembanan Pendidikan. Bahan Ajar. Singaraja: Undiksha. Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010b). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Tim PPK. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Transparency International. (2017). Corruption Perceptions Index 2016 - Transparency International. Diambil 19 Desember 2017, dari https://www.transparency.org/news/feature/corruption_perceptions_index_20 16 Triling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Fransisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint. Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills. Jossey-Bass, 256. https://doi.org/10.1145/1719292.1730970 UNDP-Indonesia. (2007). Sisi Lain Perubahan Iklim. Jakarta. Usta, E., & Akkanat, C. (2015). Investigating Scientific Creativity Level of Seventh Grade Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1408–1415. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.643 Utina, R. (2007). Pemanasan Global: Dampak dan Upaya Meminimalisasinya. UNG Repository, 207–211. https://doi.org/10.1016/B978-008046620- 0/50035-9 UU_No.20. (2003). UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (1). Wasis, D. (2002). Konsep Penelitian dan Pengembangan. Kumpulan makalah penelitian pengembangan. Malang. Wicaksana, Y. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Peningkatan Rasa Ingin Tahu Epistemik Siswa. Jurnal Ecodunamika, 1(2). Diambil dari https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/1742/909 218 Wirawan, G., & Sukarini, N. (2021). Analisis Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Ips Secara Daring Di Smp Negeri 5 Jember. SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial dan Budaya, 2(1), 25–35. https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v2i1.408 Yew, E. H. J., & Goh, K. (2016). Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Health Professions Education, 2(2), 75–79. https://doi.org/10.1016/j.hpe.2016.01.004 Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press. citation: Winanto, Adi and Prasetyo, Zuhdan Kun (2023) Pengembangan Model Pembelajaran IPA SD Berbasis Kerangka Kerja C-TPACK untuk Meningkatkan Nilai-nilai Karakter dan Keterampilan Abad 21. S3 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/77739/1/disertasi-adi%20winanto-16703261069.pdf