%T PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI II TONDANO %D 2022 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %A JEFNICA JULIANA FLEITY KASIM %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kelayakan dari multimedia pembelajaran interaktif mobile learning untuk mata pelajaran Biologi kelas XI yang akan digunakan dalam proses pembelajaran, (2) mengetahui kepraktisan multimedia pembelajaran interaktif mobile learning untuk digunakan pada mata pelajaran Biologi kelas XI dalam proses pembelajaran. (3) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran interaktif mobile learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) kemudian disusul dengan menguji motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan yang di kembangkan oleh Lee & Owens yaitu model pengembangan ADDIE. Ada lima tahap yang akan dilalui terkait model pengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Langkah pertama tahap uji alpha dengan proses validasi oleh ahli materi dan ahli media kemudian revisi. Selanjutnya tahap uji Beta dengan validasi produk oleh user 32 siswa di kelas eksperimen kelas XI IPA 1. Dilanjutkan dengan tahap pengujian peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan target objek penelitian 32 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol. Objek penelitian dilakukan di kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri 2 Tondano. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Produk multimedia pembelajaran interaktif mobile learning ini memenuhi kriteria yang sangat layak untuk digunakan pada siswa berdasarkan hasil tinjauan oleh para ahli yang memperoleh rerata skor 97,00% oleh ahli materi, 93,83% oleh ahli media, dan 84,12% oleh siswa yang akan diimplementasikan produk tersebut. (2) Produk multimedia pembelajaran mobile learning ini menghasilkan output bersifat portible berbentuk file “.apk”. Manfaat produk merujuk pada peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa saat setelah menggunakan aplikasi multimedia pembelajaran interaktif ini. Peningkatan tersebut terbukti setelah pengolahan data dan memperoleh hasil 86,25% untuk peningkatan hasil belajar, dan hasil peningkatan motivasi memperoleh rerata 86,87% dan keduanya memperoleh kategori sangat baik. %K interactive multimedia learning, mobile learning, learning outcomes, learning motivation, biology %L UNY77735