@phdthesis{UNY77728, author = {JOSIANE FIANNY LEMPAS}, title = {PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN KELAS XI SMK NUSANTARA MANADO}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2022}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilakan multimedia pembelajaran interaktif yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (2) mengetahui kelayakan produk multimdedia pembelajaran interaktif, (3) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan ini mengacuh pada model pengembangan Allessi and Trollip yang desain pengembangannya dikelompokan menjadi 3 bagian, yaitu: (a) perencanaan, (b) desain, dan (c) pengembangan, dengan diikuti tahap evaluasi. Desain uji coba pada penelitian ini, yaitu pertama tahap uji alpha dengan proses validasi oleh ahli materi dan ahli media kemudian dilakukan revisi pada produk berdasarkan rekomendasi dari ahli. Tahap selanjutnya yakni uji beta dengan kelompok kecil yang disusul uji coba kelompok besar serta validasi produk oleh pengguna yaitu para siswa. Penelitian pengembangan ini menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Produk multimedia pembelajaran interaktif denan ekstensi ?.exe? dapat dijalankan pada komputer desktop yang bersifat portable dan standalone yang terdiri atas halaman sampul, pengunaan tombol navigasi, tujuan pembelajaran, materi, video, evaluasi, dan identitas pengembang. (2) Produk multimedia pembelajaran interaktif yang dihasilkan memenuhi kriteria sangat layak untuk digunakan. Ditinjau dari hasil penilaian ahli materi diperoleh skor 3,83 dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 3,77 dengan kategori sangat layak, dan penilaian oleh siswa sebesar 3,66 dengan kategori sangat praktis. (3) Produk multimedia pembelajaran interaktif yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Nusantara Manado terbukti dengan nilai rata- rata Pre-test sebesar 56,91 meningkat pada Post-test sebesar 81,85 serta nilai gain score yang diperoleh sebesar 0,57.}, keywords = {development, interactive learning multimedia, student learning outcomes, network infrastructure administration}, url = {http://eprints.uny.ac.id/77728/} }