%L UNY77725 %K Mathematics, Learning Outcomes, Self-Confidence, Contextual Model %X Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kontekstual dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika dan self confidence siswa, serta untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih efektif antara model pembelajaran kontekstual dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika dan self-confidence siswa SMPN 14 Ambon, SMPN Al-Wathan Ambon, dan MTs Al-Madinah Ambon. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 14 Ambon, SMPN Al-Wathan Ambon, dan MTs Al-Madinah Ambon. sampel yang digunakan adalah siswa kelas (VIII- 13, VIII-C, dan VIII-A) sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dan siswa kelas (VIII-14, VIII-D, dan VIII-B) sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika dan angket skala self-confidence siswa. Data hasil belajar matematika dan self-confidence siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik dengan bantuan software SPSS 22. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Model pembelajaran kontekstual efektif terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 14 Ambon, SMPN Al-Wathan Ambon, dan MTs Al-Madinah Ambon; (2) Model pembelajaran kontekstual efektif terhadap self-confidence siswa SMPN 14 Ambon, SMPN Al-Wathan Ambon, dan MTs Al-Madinah Ambon; (3) Model pembelajaran langsung efektif terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 14 Ambon, tetapi tidak efektif pada siswa SMPN Al-Wathan Ambon, dan MTs Al- Madinah Ambon; (4) Model pembelajaran langsung efektif terhadap self- confidence siswa SMPN 14 Ambon, tetapi tidak efektif pada siswa SMPN Al- Wathan Ambon, dan MTs Al-Madinah Ambon; (5) Model pembelajaran kontekstual lebih efektif dibanding model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa SMP; (6) Model pembelajaran kontekstual lebih efektif dibandingkan model pembelajaran langsung terhadap self-confidence siswa SMP. %A JULHAM HUKOM %I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2022 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR