%L UNY77719 %A Larasati Widyaningrum %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pelatihan berbasis kompetensi di UPTD BLK Kebumen yang meliputi komponen konteks, input, proses, dan produk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek dilakukan menggunakan “Purposive Sampling”. Subjek penelitian ini adalah enam orang peserta pelatihan berbasis kompetensi yang dipilih secara random dari masing- masing kejuruan, serta enam orang instruktur yang menjadi penanggung jawab kelas, satu orang penyelenggara dan Kepala UPTD BLK Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) komponen konteks dinilai baik, ditunjukkan dengan aspek latar belakang, analisis kebutuhan, dan tujuan program masuk dalam kategori baik; 2) komponen input dinilai baik, ditunjukkan dengan aspek kompetensi instruktur masuk dalam kategori baik; aspek peserta masuk dalam kategori baik; aspek kurikulum masuk dalam kategori baik; aspek sarana dan prasarana masuk dalam kategori cukup baik; aspek pendanaan masuk dalam kategori baik; 3) komponen proses dinilai cukup baik, ditunjukkan dengan aspek jadwal kegiatan pembelajaran masuk dalam kategori cukup baik; aspek presensi peserta masuk dalam kategori baik; aspek materi pembelajaran masuk dalam kategori baik; aspek metode pembelajaran masuk dalam kategori baik; aspek media pembelajaran masuk dalam kategori cukup baik; aspek evaluasi dan monitoring masuk dalam kategori baik; 4) komponen produk dinilai sudah baik, ditunjukkan dengan aspek hasil pelatihan masuk dalam kategori baik; aspek presentase kelulusan masuk dalam kategori baik %K Pelaksanaan Program, Pelatihan Berbasis Kompetensi %T PROGRAM PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI DI UPTD BALAI LATIHAN KERJA KABUPATEN KEBUMEN, JAWA TENGAH %D 2022 %I Fakultas Ilmu Pendidikan