<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PEMANFAATAN KONTEN VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan\r\nmedia konten video YouTube dan buku ajar dalam pembelajaran geografi terhadap\r\nkeaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Pematang Sawa.\r\nJenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain adalah\r\nNonequivaletn Pretest-Posstest Control Group Design. Populasi pada penelitian\r\nini adalah seluruh peserta didik SMAN 1 Pematang Sawa pada tahun ajaran\r\n2021/2022. Sample dipilih dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dengan\r\nmenggunakan prosedur clustering sampling. Kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol\r\ndiberikan perlakuan dengan menggunakan media buku ajar dan kelas XI IPS 1\r\nsebagai kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan media konten video\r\nYouTube. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi,\r\nangket, dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan peserta\r\ndidik. Beberapa aspek keaktifan yang diamati pada penelitian ini adalah membaca,\r\nbertanya, menjawab, dan merangkum materi pelajaran. Teknik angket digunakan\r\nuntuk mengetahui respons dari peserta didik terhadap keaktifan belajar yang\r\nbertujuan untuk mendukung hasil pengamatan atau observasi. Test yang diukur\r\nadalah test soal kognitif pilihan ganda pretest dan posttest yang digunakan untuk\r\nmengetahui hasil belajar peserta didik pada materi geografi tentang sebaran flora\r\ndan fauna di Indonesia dan dunia sebelum dan sesudah perlakuan. Taknik analisis\r\ndata yang digunakan adalah uji “t” dengan taraf signifikansi 0,05 dan uji n-gain.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang\r\nsignifikan antara pembelajaran dengan media konten video YouTube dengan\r\npembelajaran yang menggunakan media buku ajar geografi materi sebaran flora\r\ndan fauna di Indonesia dan dunia terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta\r\ndidik SMAN 1 Pematang Sawa. Media konten video YouTube lebih efektif dari\r\npada media buku ajar pada materi geografi tentang sebaran flora dan fauna\r\nterhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik SMAN 1 Pematang Sawa."^^ . "2022" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "M. Edwansyah"^^ . "Rissal"^^ . "M. Edwansyah Rissal"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "PENGARUH PEMANFAATAN KONTEN VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI (Text)"^^ . . . "PENGARUH PEMANFAATAN KONTEN VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMANFAATAN KONTEN VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMANFAATAN KONTEN VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMANFAATAN KONTEN VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMANFAATAN KONTEN VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #77707 \n\nPENGARUH PEMANFAATAN KONTEN VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI\n\n" . "text/html" . . . "Teknologi Pendidikan"@en . .