eprintid: 77681 rev_number: 47 eprint_status: archive userid: 44593 dir: disk0/00/07/76/81 datestamp: 2023-09-21 01:38:13 lastmod: 2023-09-21 01:38:13 status_changed: 2023-09-21 01:38:13 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: verisetiawan.2019@student.uny.ac.id creators_name: Setiawan, Veri creators_name: Sudrajat, Ajat creators_id: verisetiawan.2019@student.uny.ac.id creators_id: ajat@uny.ac.id title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KOMIK DIGITAL DALAM PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK ispublished: pub subjects: C8 subjects: D8 subjects: D9 subjects: media_pend subjects: pendidikan_ips divisions: fis_pend_sejarah full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui media pembelajaran sejarah yang digunakan selama ini di SMK Penerbangan AAG Adisutjipto, 2) Menghasilkan produk berupa komik digital berjudul ‘Sang Penerbang’ dengan materi sejarah perjuangan ‘Bapak Penerbang Indonesia’ yakni Agustinus Adisutjipto, 3) Mengetahui tingkat efektivitas media pembelajaran sejarah berbasis komik digital untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik SMK Penerbangan AAG Adisutjipto. Desain pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis komik digital ini disusun berdasarkan prosedur ADDIE yang terdiri dari 5 (lima) tahapan yang meliputi analisis dalam studi pendahuluan, pembuatan desain media pembelajaran pengembangan media pembelajaran, penerapan media pembelajaran, dan yang terakhir adalah tahapan evaluasi. Dalam pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis komik digital ini juga dilaksanakan uji keefektifan media pembelajaran sejarah berkaitan dengan peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik SMK. Kelayakan media diukur menggunakan skala Likert mulai dari 1 sampai dengan 5, sedangkan uji keefektifan media menggunakan uji Uji T Independent Sample T Test pada program SPSS versi 2.0 Penelitian menunjukkan hasil: 1) Pembelajaran sejarah yang dilakukan masih kurang penggunaan media pembelajaran interaktif, guru lebih sering menggunakan owerpoint dan buku teks yang membuat siswa kurang antusias, 2) Pembuatan media pembelajaran berbasis komik melalui tahapan penyusunan media pembelajaran, pengumpulan bahan pustaka, penyusunan materi sesuai KI dan KD, pembuatan storyboard, serta pengujian produk secara internal, 3) Minat siswa kelas X terhadap pelajaran sejarah setelah menggunakan media komik digital mendapatkan respon positif dengan prosentase sebesar 84,7%. Hasil angket minat belajar menjelaskan bahwa siswa lebih berminat mengikuti pembelajaran sejarah dengan menggunakan media pembelajaran komik digital. Peningkatan hasil berdasarkan hasil uji t pada t-test for Equality Means pada baris bagian atas (equal variance assumed) menunjukkan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,971 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci: media pembelajaran, sejarah, komik digital, minat belajar, hasil belajar date: 2023-05-05 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik department: Pendidikan Sejarah thesis_type: tesis referencetext: Buku: Abdullah, A. S. (2007). Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Alqur’an. Yogyakarta: Rineka Cipta. Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Rineka Cipta. Anitah, S. W. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang: Universitas Terbuka. Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Asyar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press. Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer. Brog, & Gall. (2003). Educational Research an Introduction, Seventh Editions. Oregon: University of Oregon. Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Gazalba, S. (1981). Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: Bharata. Gumelar. (2011). Comic Making; Cara Membuat Komik. Jakarta: PT. Indeks. Isjoni. (2007). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta. Iskandar, A. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni. Kuntowijoyo. (1995). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang Budaya. Learning, A. (2008). Instructional Design in ANGEL. Indianapolis: Telecom. McCloud, S. (2005). Understanding Comics. New York: Harper Perennial. Molenda, M. (2008). Educational Tecnology. New York: Lawrance Erlbaurn Associates. Muchlish, M. (2009). Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara. Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Ciputat: Gaung Persada Press. Nashar, H. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press. Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Putra, N. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia. Safithry, E. A. (2018). Asesmen Teknik Tes dan Non Tes. Malang: CV IRDH. Salim, & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana. Sanjaya. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. . (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Smaldino, Sharon, E., L. Lowther, D., & D. Rusel, J. (2012). Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall. Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya. Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. . (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. Sukmadinata, N. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya. Sundayana, Rostina. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Suparman, M. A. (2012). Panduan Para Pengajar Desain Instruksional Moden. Jakarta: Erlangga. Suprijono, A. (2012). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta. Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Grup. Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Banten: Gaung Persada Press. Syamsudin, H. (2007). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Tessmer, Martin. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Kogan Page Limited Wu, C. (1998). Studi Efektivitas Sekolah. Taiwan: Wu-Nan Book Inc. Jurnal: Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 1, 2011. Retrieved from https://pedagogia.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/1304 Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. Vol. 11, No 1, 2017 . Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/view/61 Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6. Retrieved from https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/870 Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/516 Juliatara, B. I. T. N. B. (2016). Analisis Tingkat Kelelahan Dan Kantuk Pada Pengemudi Bus X Berdasarkan Metode Objektif Dan Subjektif. Jurnal Reka Integra, Vol 3, No 4 (2015), Retrieved from https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekaintegra/article/view/915 Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), Vol. 3, Nomor 1, 2017. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893 Law, Q. P. S., Chung, Joanne Wai Yee, Leung, Chi Cheung, & Wong, T. K. S. (2015). Enhancement of Self-efficacy and Interest in Learning English of Undergraduate Students with Low English Proficiency through a Collaborative Learning Programme. American Journal of Educational Research, Vol. 3, No. 10, 1284-1290, 1284. https://doi.org/DOI:10.12691/education-3-10-12. Retrieved from http://pubs.sciepub.com/education/3/10/12/index.html Mawadah, D. A., & Listyaningsih. (2019). Kedisiplinan Siswa Dalam Menaati Tata Tertib Pada Sekolah Berpendidikan Semi Militer Di SMKN 1 Jetis Kabupaten Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, Jurnal Unesa, 7(2). Vol. 7 No. 2, 2019. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/28989 Mudlaafar, K., Setiawan, E., & Muflih, I. K. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sejarah Berwaktu (Komik Ratu) Sebagai Alternatif Pembelajaran. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1807. Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/1807 Nismalasari, N., Santiani, S., & Rohmadi, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, Jurnal IAIN Palangkaraya, Art. Vol 4, No 2, 2016. Retrieved from https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/511 Palli, J. G., & Mamilla, R. (2012). Students’ Opinions Of Service Quality In The Field Of Higher Education. Creative Education, 03(04), 430–438. Retrieved from Https://Doi.Org/10.4236/Ce.2012.34067. Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. Retrieved from http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/945/0 Pratama, R. A., Maskun, & Lestari, N. I. (2019). Dinamika Pelajaran Sejarah Indonesia Dalam Kurikulum 2013 Pada Jenjang SMK/MAK. Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol. 8 No. 2 Juli 2019. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jps/article/view/11448 Rosales Ricardo, Y., & Rosales Paneque, F. R. (2014). Towards a two-dimensional study of burnout syndrome in college students. Ciencia & Saude Coletiva, 19(12), 4767–4775. https://doi.org/10.1590/1413-812320141912.18562013. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25388185/ Saito, K. (1999). Measurement of Fatigue In Industries. Industrial Health, 134–142. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10319563/ Trisiana, A., & Wartoyo. (2016). Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Addie Model Untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa Di Universitas Slamet Riyadi Surakarta (No. 1). 11(1), Art. 1. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/progresif/article/view/9728 Disertasi: Silalahi, A. (2017). Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (penelitian & Pengembangan) dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran. Seminar & Workshop Penelitian Disertasi Program Doktoral Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan, Medan. Skripsi: Barokah, U. S. (T.T.). Pengembangan Komik Digital Berbasis Nilai Karakter Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi dasar menyusun laporan keuangan Perusahaan Jasa Untuk SMA Kelas XI. Skripsi Program Sarjana fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. citation: Setiawan, Veri and Sudrajat, Ajat (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KOMIK DIGITAL DALAM PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK. S2 thesis, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik. document_url: http://eprints.uny.ac.id/77681/16/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/77681/17/BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/77681/18/BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/77681/19/BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/77681/20/BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/77681/21/BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/77681/22/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/77681/23/Lampiran.pdf