%0 Thesis %9 S1 %A Mahmudi Bambang, Trikuntoro %A Hidayati, M.Hum., %A Drs.Bambang Saptono, M.Si., %A Eko Budi Prasetyo, M.Pd., %B FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN %D 2012 %F UNY:7768 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K prestasi belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe TGT,siswa kelas IV A SD Negeri Klodangan %T UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI KLODANGAN BERBAH SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/7768/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IVA SD Negeri Klodangan Berbah Sleman dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IVA SD Negeri Klodangan yang berjumlah 40 siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki- laki dan 24 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data ini: (1) observasi guru dan siswa (2) tes. Data kualititatif yang terkumpul dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang menggunakan lima komponen utama yaitu: (1) presentasi kelas (2) belajar kelompok (3) permainan (4) turnamen (5) penghargaan dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar IPS. Pada pembelajaran IPS sebelum tindakan nilai rata-rata kelasnya yaitu 55,45, pada siklus I meningkat menjadi 16,25, dan pada siklus II menjadi 82,5. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada pra tindakan sebanyak 16 siswa atau 40%, pada siklus I meningkat menjadi 27 siswa atau 67,5%, dan pada siklus II menjadi 37 siswa atau 92,5%.