TY - THES ID - UNY77671 UR - http://eprints.uny.ac.id/77671/ M1 - tesis AV - restricted Y1 - 2023/01/31/ N2 - Penelitian in bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen penilaian kinerja guru non-PNS SMA negeri di Kabupaten Alor ditinjau dari kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial; (2) mengungkapkan kualitas instrumen yang dikembangkan tersebut; (3) mengungkapkan kinerja guru non PNS SMA Negeri di kabupaten Alor ditinjau dari kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial; (4) mengungkapkan keefektifan instrumen instrumen yang dikembangkan tersebut. Penelitian ini mengikuti 10 langkah pengembangan instrumen menurut Djemari (2017), yakni (1) menentukan spesifikasi instrumen, (2) menulis instrumen., (3) menentukan skala instrumen, (4) menentukan sistem penskoran, (5) mentelaah instrumen, (6) melakukan uji coba, (7) menganalisis instrumen, (8) merakit instrumen, (9) melaksanakan pengukuran, dan (10) menafsirkan hasil pengukuran. Instrumen yang dikembangkan terdiri dari instrumen penilaian diri dan instrumen penilaian kepala sekolah. Hasil penelitian ini adalah: (1) instrumen yang menggunakan skala Likert dengan empat kategori pilihan jawaban. Instrumen ini terdiri dari 32 butir soal untuk instrumen penilaian diri dan 24 butir soal untuk instrumen penilaian kepala sekolah. (2) Instrumen tersebut layak digunakan untuk melakukan penilaian kinerja guru non PNS. Hal ini ditunjukkan dengan hasil validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dengan loading factor > 0,40. Validitas konstruk variabel instrumen memenuhi kriteria, seperti yang ditunjukkan dengan nilai Average Variance Extracted (AVE) > 0,6 dan besar validitas diskriminan > 0,8. Reliabilitas instrumen berdasarkan besar nilai Cronbach's Alpha adalah > 0,7. (3) Kinerja guru non-PNS SMA negeri di Kabupaten Alor berdasarkan penilaian diri berada pada kategori baik (39%) sedangkan berdasarkan penilaian kepala sekolah berada pada kategori sangat baik (50 %) dan baik (50 %). (4) Keefektifan instrumen penilaian diri berada pada kategori efektif dengan presentase 67 %, sedangkan instrumen penilaian kepala sekolah berada pada kategori sangat efektif dengan presentase 75 %. PB - Program Pascasarjana KW - kinerja guru KW - pengembangan instrumen. TI - Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Guru Non-PNS SMA Negeri di Kabupaten Alor. A1 - Laara, Siti Hardiyanti S. A1 - Istiyono, Edi ER -