%0 Thesis %9 S1 %A Yaqin, Muhammad Ainul %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B Teknologi Pendidikan %D 2022 %F UNY:77656 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K pengembangan, game edukasi, tematik, kosakata bahasa inggris %T PENGEMBANGAN BERMAIN DAN TAMAN KANAK-KANAK ALIFA MUSLIM MONTESSORI SLEMAN YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/77656/ %X Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk kanak-kanak kelompok A Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak Alifa Muslim Montessori, Sleman. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh pusat teknologi pembelajaran di universitas Florida untuk dinas militer Amerika Serikat yaitu model penelitian dan pengembangan ADDIE. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi : (1) menganalisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi atau revisi produk. Validasi produk dilakukan oleh dosen ahli materi dan ahli media. Uji coba produk melalui 2 tahap, yaitu uji coba lapangan awal melibatkan 4 anak taman kanak-kanak kelompok A serta 1 guru dan uji coba lapangan utama melibatkan 8 anak taman kanak-kanak kelompok A. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari kegiatan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil rata-rata skor akhir penilaian kelayakan produk coba lapangan awal diperoleh skor hasil penilaian sebesar 0,82