relation: http://eprints.uny.ac.id/77654/ title: KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMK PIRI 1 YOGYAKARTA PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI MASA PANDEMI creator: Saraswati, Anita subject: Kurikulum dan Teknologi Pendidikan description: Penelitian ini dilatarbelakangi adanya beberapa gejala ketidakmandirian peserta didik pada pembelajaran daring di SMK Piri 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran daring di masa pandemi penghambat pelaksanaan belajar mandiri pada pembelajaran daring di SMK Piri 1 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpukan bahwa kemandirian belajar peserta didik SMK Piri 1 Yogyakarta pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 berada pada kategori tinggi dengan perolehan skor akhir 3,41. Dalam penelitian ini juga ditemukan setidaknya lima faktor pendukung pelaksanaan belajar mandiri yang meliputi adanya dorongan untuk menguasai kompetensi, ketersediaan tempat belajar yang nyaman untuk melaksanakan pembelajaran daring, ketersediaan fasilitas belajar yang menunjang pelaksanaan pembelajaran daring, ketersediaan sumber belajar yang relevan, serta suasana lingkungan yang kondusif. Sementara faktor penghambat pelaksanaan belajar mandiri pada pembelajaran daring adalah kesulitan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan pada pembelajaran daring. date: 2022-08-22 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/77654/1/Fultext%20%20ANITA%20SARASWATI.pdf identifier: Saraswati, Anita (2022) KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMK PIRI 1 YOGYAKARTA PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI MASA PANDEMI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.