TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model project based learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi dalam aspek pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 11 IPS 1 dan IPS 2 di SMA N 2 Wonosari. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Teknik observasi, Teknik penyebaran kuesioner. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan rata-rata skor nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai kelas eksperimen 66,33 termasuk dalam kategori cukup efektif dengan nilai minimal 37,5% dan skor maksimal 95,5% dan kelas control 51,25.; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas eksperimen (IPS 1) dengan kelas kontrol (IPS 2). Berdasarkan tabel diatas juga diperoleh hasil bahwa nilai t hitungii> ttabel (6.108 > 0,361)termasuk dalam kategori kurang efektif dengan nilai minimal 33,1% dan nilai maksimal 70,9% yang artinya bahwa metode Y1 - 2022/08/06/ A1 - Setyaningrum, Novi Indah PB - Fakultas Ilmu Pendidikan M1 - skripsi ID - UNY77647 KW - Project Based Learning KW - Motivasi Belajar KW - Pelajaran Geografi AV - restricted TI - PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING SMA N 2 WONOSARI UR - http://eprints.uny.ac.id/77647/ ER -