%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja hambatan guru SD dalam menulis karya tulis ilmiah di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian guru SD di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster quota sampling. Setiap gugus SD di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas diambil quota sebanyak 4 SD sebagai sampel sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 guru SD. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup. Instrumen penelitian diuji menggunakan validitas isi (content validity). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan rerata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 67% guru memiliki hambatan dalam penulisan karya tulis ilmiah jenis diktat/ modul pembelajaran, 58% guru memiliki hambatan dalam penulisan buku pelajaran, 56% guru memiliki hambatan dalam penulisan artikel ilmiah dan 50% guru memiliki hambatan dalam penulisan tulisan ilmiah populer. Faktor yang menjadi hambatan dalam penulisan karya tulis ilmiah tersebut adalah biaya dalam penulisan karya tulis ilmiah, sarana dan prasarana yang terbatas dalam menulis karya tulis ilmiah, terbatasnya waktu untuk menulis karya tulis ilmiah, kurangnya penguasaan komputer sebagai sarana menulis karya tulis ilmiah, kesulitan menemukan dan menuangkan ide/ gagasan dalam bentuk karya tulis ilmiah serta keterbatasan wawasan yang dikarenakan rendahnya minat membaca. %K hambatan, guru, karya tulis ilmiah %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %A Fitriyah Ludiana %T HAMBATAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENULIS KARYA TULIS ILMIAH DI KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS %D 2012 %L UNY7764