%P 278-296 %T PENINGKATAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DALAM MATA KULIAH FILOLOGI JAWA II DENGAN IMPLEMENTASI LESSON STUDY %D 2015 %I Kanwa Publisher %X Implementasi lesson study pada mata kuliah Filologi Jawa II di Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, UNY bertujuan untuk: : (1) membuat rancangan pembelajaran yang lebih baik, mulai dari silabus, RPP, media, lembar kerja mahasiswa, dan lembar evaluasi, (2) meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dan (3) meningkatkan kualitas pembelajaran dan respon positif mahasiswa dalam perkuliahan. Kegiatan dilaksanakan dalam lima siklus. Setiap siklus terdiri dari plan, do, dan see. Sumber dan jenis utama data adalah kata-kata dan tindakan mahasiswa. Sumber data utama dicatat melalui catatan tertulis oleh dosen pengamat dan juga melalui perekaman video dan foto. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan kuesioner. Validitas data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil yang ditunjukkan dengan adanya: (1) rekonstruksi mata kuliah, (2) kesiapan RPP, Lembar Kerja Mahasiswa, media, alat evaluasi, dan lain-lain. (3) pemanfaatan waktu yang lebih efektif, (4) penambahan keberagaman kegiatan, media, dan materi perkuliahan, (5) peningkatan respon positif mahasiswa, dan (6) peningkatan hasil belajar mahasiswa ditengarai dari meningkatnya nilai rata-rata deskripsi naskah dari 76,6 kemudian meningkat menjadi 86,7. Selain nilai deskripsi naskah, nilai transliterasi metode diplomatik juga mengalami peningkatan dari 61 menjadi 83,21 pada siklus IV. Kemudian setelah dilakukan pembimbingan lanjutan, nilai rata-rata kembali meningkat menjadi 90,43. %A Venny Indria Ekowati %B Lesson Studi: Kolaborasi, Kolegalitas, Berkelanjutan %E Suwarna Dwijonagoro %C Yogyakarta %L UNY77610