%D 2023 %X Penelitian ini betujuan menghasilkan aplikasi media pembelajaran yang layak dari aspek media dan materi serta praktis bagi siswa sebagai media pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagi (PHBS) siswa kelas IV SD. Penelitian ini termasuk jenis Research and Development (RnD) berdasarkan prosedur Thiagarajan, et al dengan model 4D. Kelayakan media divalidasi oleh ahli media dan materi, kepraktisan media akan diujicobakan oleh siswa. Subjek penelitian berjumlah 9 orang siswa SD N 48 Pangkalpinang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan dikonversi menjadi data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi media pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat terbukti layak dan praktis untuk siswa kelas IV SD. Uji kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,38 dengan kategori “Sangat Layak”, kemudian uji kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,6 dengan kategori “Sangat Layak”, dan uji kepraktisan oleh siswa mendapatkan persentase 88,8% dengan kategori “Sangat Praktis”. Oleh karena itu, aplikasi media pembelajaran “SEKUY” dinyatakan “Sangat Layak” dan “Sangat Praktis” digunakan sebagai media pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagi siswa kelas IV SD. Kata kunci: Aplikasi Android, Media Pembelajaran, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). %T PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT BERBASIS ANDROID BAGI SISWA KELAS IV SD %A Naufan Muhammad Basil Attamimi %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %L UNY77537