eprintid: 77532 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/07/75/32 datestamp: 2023-04-17 02:14:59 lastmod: 2023-04-17 02:14:59 status_changed: 2023-04-17 02:14:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ghilmana, Alfrian Shohibul title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI DI SD NEGERI PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO ispublished: pub subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter mandiri melalui kegiatan pengembangan diri di SD Negeri Panjatan Kulon Progo Yogyakarta. Implementasi yang ada dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive yang meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Validitas dan reabilitas data menggunakan uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa SD Negeri Panjatan telah melaksanakan tahap perencanaan dengan menyusun program kerja berupa kegiatan rutin, spontan, dan keteladanan; dilanjutkan sosialisasi oleh sekolah kepada siswa dan orang tua siswa; serta pengkondisian sekolah dengan pengadaan poster, pembuatan jadwal kegiatan, dan penyiapan ruang kelas. Pelaksanaan pendidikan karakter mandiri dalam kegiatan rutin dilaksanakan melalui kegiatan SOP pagi dan siang, perilaku hidup bersih dan sehat, pembiasaan beribadah sholat dhuha dan dzuhur, ekstrakulikuler, dan market day. Kemudian dalam kegiatan spontan dilakukan dengan menanamkan kesadaran siswa untuk melaksanakan kegiatan spontan seperti membuang sampah yang berserakan serta pemberian reward dan punisment. Kegiatan keteladanan dilakukan oleh tenaga pendidik dengan mencerminkan memiliki percaya diri, mempunyai motivasi intrinsik, inisiatif dalam melakukan suatu hal, dan bertanggung jawab menyelesaikan tugas tanpa tergantung dengan orang lain. Sedangkan tahap evaluasi dilakukan melalui pengamatan dalam pelaksanaan program yaitu dengan evaluasi proses. Kata kunci: Pendidikan karakter, karakter mandiri, kegiatan pengembangan diri date: 2023-04-17 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Ghilmana, Alfrian Shohibul (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI DI SD NEGERI PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/77532/1/Alfrian%20Shohibul%20Ghilmana.pdf