TY - THES Y1 - 2012/06/05/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran tematik yang dilakukan oleh guru kelas awal di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Srandakan yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas awal yang berada di Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Srandakan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase dan diteruskan dengan interpretasi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik oleh guru SD N kelas awal yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase mencapai 86,66%. A1 - Ika Puji, Astuti PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA AV - public KW - pembelajaran tematik KW - SD Negeri se-Kecamatan Srandakan TI - IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK OLEH GURU KELAS AWAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2011/2012 M1 - skripsi ID - UNY7744 UR - http://eprints.uny.ac.id/7744/ ER -