@phdthesis{UNY77431, author = {Ditia Suprastiwi}, title = {IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI KELAS V SD NEGERI TUBIN}, month = {April}, year = {2023}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/77431/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut, dan faktor pendorong serta penghambat dalam implementasi Gerakan Literasi Sekolah di kelas V SD Negeri Tubin. Penelitian ini menggunakan deskriptif penelitian (descriptive research). Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas V, peserta didik kelas V, dan wali murid kelas V. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan GLS di kelas V SD Negeri Tubin diawali dengan penguatan kapasitas fasilitator, peningkatan bacaan, perluasan akses sumber belajar, peningkatan elemen publik, dan penguatan tata kelola. 2) Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah sudah dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. 3) Evaluasi dilaksanakan formatif dengan pemberian soal latihan kecakapan literasi. 4) Tindak lanjut pelaksanaan literasi di kelas V berupa hasil kajian evaluasi menjadi tolak ukur dalam menentukan strategi dan model membaca 5) Faktor pendorong internal yakni antusias peserta didik, variasi bacaan, apresiasi kecakapan literasi. Faktor eksternal yaitu pelibatan elemen publik. 6) Faktor penghambat internal berupa peserta didik kurang kondusif, evaluasi lingkup kelas, belum ada rumusan kebijakan resmi dari sekolah. Untuk faktor eksternal yakni kurangnya kerja sama dengan dinas pendidikan maupun pegiat literasi. Kata kunci: Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, Kelas V SD Negeri Tubin} }