@phdthesis{UNY7740, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, year = {2012}, month = {June}, author = {PANGESTI DARU ANGGIT}, title = {PENGUKURAN KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KEBUMEN}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan pada RSUD Kebumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja RSUD Kebumen diukur dengan pendekatan Balanced Scorecard. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu membandingkan antara data yang diperoleh dari lapangan dengan data kepustakaan, kemudian dilakukan analisis untuk mendapatkan kesimpulan penelitian dengan langkahlangkah penelitian sebagai berikut: (1) Perspektif Pelanggan: menghitung Persentase Rasio Penanganan Keluhan, Persentase Retensi Pelanggan, Persentase Akuisisi; (2) Perspektif Keuangan: menghitung Rasio Pertumbuhan Pendapatan, Perubahan Biaya, ROA, ROE, Leverage Ratio; (3) Perspektif Proses Bisnis Internal: mengukur bagaimana Pengembangan Pelayanan dari Penjualan Produk/Jasa Baru serta Respond Times; (4) Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan: menghitung Retensi Karyawan, Produktivitas Karyawan, dan Pelatihan Karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja RSUD Kebumen yaitu: (1) Perspektif Pelanggan menunjukkan secara umum belum sepenuhnya memperhatikan kepuasan pelanggan dan diharapkan prestasi ini dapat ditingkatkan, Rasio Penanganan Keluhan tahun 2010 sebesar 45,44\%, tahun 2011 sebesar 58,02\%, Persentase Retensi Pelanggan tahun 2010 sebesar -0,49\% dan tahun 2011 sebesar -6,16\%, Persentase Akuisisi tahun 2010 sebesar 0,49\%, sedangkan tahun 2011 sebesar 6,56\%; (2) Perspektif Keuangan dilihat dari Rasio Pertumbuhan Pendapatan tahun 2010 sebesar -0,02\% dan mengalami peningkatan pada tahun 2011 sebesar 2,16\%, Rasio Perubahan Biaya mengalami peningkatan sebesar 1,1\%, ROA mengalami penurunan sebesar 0,48\%, ROE meningkat sebesar 0,89\% dan Leverage Ratio sebesar 3,42\%; (3) Perspektif Proses Bisnis Internal, secara umum memperlihatkan bahwa hasil dari Pengembangan Pelayanan dan Penjualan Produk/Jasa sudah terlaksana baik dengan adanya Pelayanan Klinik DOTS. Respond Times yang diberikan RSUD Kebumen belum maksimal, tetapi mengalami perubahan ke arah yang lebih baik; (4) Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan secara umum belum menunjukkan hasil yang baik, Retensi Karyawan tahun 2010 masih cukup rendah yaitu sebesar 1,13\%, tahun 2011 sebesar 3,73\%, Rasio Produktivitas Karyawan tahun 2010-2011 hanya sebesar - 0,02\%, dan Rasio Pelatihan Karyawan mengalami peningkatan sebesar 4,22\%.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/7740/} }