TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/77387/ ID - UNY77387 M1 - skripsi AV - restricted TI - PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN KEMANDIRIANBELAJAR PESERTA DIDIK KELAS TINGGI SD N 4 PENGALUSAN PURBALINGGA KW - Kata Kunci: Pelaksanaan pembelajaran KW - pembelajaran jarak jauh KW - kemandirian belajar A1 - Utami, Elisa Putri PB - Fakultas Ilmu Pendidikan Y1 - 2022/07/22/ N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta untuk mengetahui kemandirian belajar peserta didik kelas tinggi di SD N 4 Pengalusan Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi 5 pendidik dan 55 peserta didik kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI dengan pengambilan sampel menggunakan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan kemandirian belajar peserta didik kelas tinggi di SD N 4 Pengalusan Purbalingga berada pada kategori baik dengan rerata skor untuk pelaksanaan pembelajaran jarak jauh sebesar 73,6 dengan rincian sebanyak 2 pendidik atau 40% berada pada kategori sangat baik, kemudian 3 pendidik atau 60% berada pada kategori baik, 0 orang atau 0% berada pada kategori cukup baik, dan 0 orang atau 0% berada pada kategori kurang baik. Kemudian kemandirian belajar peserta didik berada pada kategori baik dengan rerata skor sebesar 71,25 dengan rincian sebanyak 14 peserta didik atau 29% berada pada kategori sangat baik, 34 peserta didik atau 71% berada pada kategori baik, 0 orang atau 0% berada pada kategori cukup baik, dan 0 orang atau 0% berada pada kategori kurang baik. ER -