%A Susilowati Susilowati %X Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media video pembelajaran tematik berbasis aplikasi Tiktok yang layak digunakan sebagai media untuk membelajarkan karakter santun siswa kelas 3 SD N I Godegan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model Borg and Gall dengan penyederhanaan langkah. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu 3 siswa pada uji coba skala kecil, 10 siswa pada uji coba skala besar, serta seorang guru kelas 3 SD N I Godegan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video pembelajaran tematik berbasis aplikasi tiktok yang berkarakter santun siswa kelas 3 SD N I Godegan Kecamatan Srandakan layak untuk digunakan. Kelayakan ini berdasarkan hasil penilaian ahli materi dan media yang menyatakan media ini layak untuk diuji cobakan. Pada validasi materi ketiga, media video mendapat kategori “Sangat Layak” dengan skor rata-rata 4,4. Pada validasi media kedua, media mendapatkan kategori “Sangat Layak” dengan skor rata-rata 4,8. Pada hasil uji coba skala kecil media mencapai kategori “Sangat Layak” dengan skor rata-rata 4,6 dari siswa dan 4,9 dari guru dengan saran. Hasil uji coba skala besar media mencapai kategori “Sangat Layak” dengan skor rata-rata 4,41 dari siswa dan skor 5 dari guru tanpa adanya saran. Kata kunci: video TikTok, karakter santun %D 2023 %T PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS APLIKASI TIKTOK YANG BERKARAKTER SANTUN UNTUK SISWA KELAS 3 SD NEGERI 1 GODEGAN KAPANEWON SRANDAKAN %L UNY77330 %I Fakultas Ilmu Pendidikan