TY - THES ID - UNY77328 UR - http://eprints.uny.ac.id/77328/ M1 - skripsi AV - restricted Y1 - 2023/03/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Tambaksari Kebumen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Stephen Kemmis dan Robbin Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tambaksari Kebumen yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 13 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika hasil belajar siswa minimal 80% dari jumlah siswa telah mencapai KKM yang ditentukan ? 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tambaksari Kebumen. Berdasarkan tes pada siklus I menunjukkan rata-rata kelas sebesar 74,41 dengan ketuntasan 54% siswa. Siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 87,62 dengan ketuntasan 88% siswa. Keberhasilan tersebut dikarenakan pendekatan RME dilakukan dengan diawali dengan masalah kontekstual, menggunakan benda atau media konkret, kegiatan diskusi kelompok, guru lebih memperhatikan setiap individu yang kurang aktif dalam kegiatan kelompok, kegiatan presentasi, dan menyimpulkan kegiatan yang telah dilakukan. Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Sekolah Dasar PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Sungkar, Lutfi?ah TI - PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA KELAS V SD NEGERI TAMBAKSARI KEBUMEN ER -