%T PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN SRANDAKAN %D 2023 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %A Rosnaini Itta Rahmadhani %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konsep diri yang dapat mempengaruhi kemandirian belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Srandakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Gugus I Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul yang berjumlah 124 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 94 siswa ditentukan dengan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala kemandirian belajar dan konsep diri. Uji validitas isi menggunakan teknik expert judgement. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan regresi linear sederhana. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,684, yang artinya konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 68,4%. Diperoleh persamaan regresi Ŷ = 24,535 + 1,131 X. Nilai positif (1,131) yang terdapat pada koefisien regresi variabel X atau bebas yaitu konsep diri menunjukkan bahwa arah hubungan antara variabel bebas (konsep diri) dengan variabel terikat (kemandirian belajar) adalah searah, yang memiliki arti bahwa setiap kenaikan satu satuan variabel konsep diri akan menyebabkan kenaikan kemandirian belajar siswa sebesar 1,131. Kata kunci : konsep diri, kemandirian belajar %L UNY77326