@phdthesis{UNY77314, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2023}, month = {March}, author = {Nuri Ramadani}, title = {PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIKLUS HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS IV SD}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif IPA yang layak dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siklus hidup hewan pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R\&D) dengan mengadaptasi model ADDIE. Desain uji coba pada 1 kelompok (one group pretest posttest). Subjek uji coba yaitu 10 siswa kelas IV SD Negeri 1 Pripih. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunkan analisis deskriptif kuantitatif dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif IPA layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siklus hidup hewan pada siswa kelas IV SD. Multimedia pembelajaran interaktif IPA dinyatakan layak, terbukti dari hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,8 (sangat baik), validasi ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,47 (sangat baik), hasil penilaian guru mendapatkan skor rata-rata 5 (sangat baik), hasil penilaian siswa sebagai validasi pengguna mendapatkan skor rata-rata 4,67 (sangat baik), dan penilaian siswa pada ujicoba (one group pretest posttest) mendapatkan skor rata - rata 4,9 (sangat baik). Hasil pre test dan post test dianalisis menggunakan uji Wilcoxon diketahui bahwa Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,005 {\ensuremath{<}} 0,05 sehingga dinyatakan bahwa multimedia pembelajaran interaktif IPA efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siklus hidup hewan pada siswa kelas IV SD. Kata kunci : multimedia pembelajaran interaktif, siklus hidup hewan, kelas IV SD}, url = {http://eprints.uny.ac.id/77314/} }