%0 Thesis %9 S2 %A RAHMADAYANTI, MARELISSA %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B Teknologi Pendidikan %D 2022 %F UNY:77260 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %K evaluation, smartphone-based learning %T EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE DI SDN 3 BAAMANG TENGAH KECAMATAN BAAMANG KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR %U http://eprints.uny.ac.id/77260/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi capaian pembelajaran berbasis smartphone dari aspek (1) context, yang dinilai dari kualitas sistem teknis, kualitas informasi, dan kualitas layanan; (2) input, yang dinilai dari kualitas sistem pendukung, dan kualitas instruktur; (3) process, yang dinilai dari penggunaan, kualitas pembelajaran, dan kegunaan yang dirasakan di SDN 3 Baamang Tengah; (4) product, yang dinilai dari proses pembelajaran (menambah pengetahuan, meningkatkan pembelajaran, kemudahan interaksi, hemat waktu dan biaya, pencapaian pembelajaran); dan (5) outcome, yang dinilai dari keberhasilan kompetensi peserta didik terhadap pelaksanaan program Pembelajaran Berbasis Smartphone di Sekolah Dasar Negeri 3 Baamang Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model CIPPO yang terdiri dari context, input, process, product, dan outcome. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, admin, dan peserta didik di sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian dijelaskan sebagai berikut. (1) Perencanaan program meliputi context dengan hasil: (a) analisis kebutuhan peserta didik, (b) Tujuan program untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran berbasis smartphone peserta didik, (c) waktu pembelajaran disesuaikan oleh pihak sekolah; dan input dengan hasil: (a) sarana dan prasarana yang mendukung program, (b) anggaran dana berasal dari dana APBN dan kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait, (c) latar belakang pendidikan tutor, yaitu SMK/SMA hingga perguruan tinggi. (2) Pelaksanaan program, yakni process dengan hasil: (a) peserta didik antusias mengikuti pembelajaran, (b) strategi pembelajaran menggunakan diskusi, tanya jawab dan penugasan, (c) sumber belajar menggunakan buku bacaan, modul, komputer dan smartphone. (3) Hasil program, yakni product dengan hasil: (a) kebutuhan peserta didik akan pembelajaran berbasis smartphone terpenuhi, (b) peserta didik mampu berpartisipasi dalam pembelajaran, (c) peserta didik mampu menemukan, menganalisis dan menyebarkan informasi dengan baik. (4) Outcome program, yakni: (a) peserta didik mampu menyelesaikan masalah dan mengutarakan pendapatnya dari sumber belajar (faktual), (b) peserta didik mampu menyampaikan apa yang dipelajari secara tersusun dengan cara sendiri (konsepsual) (c) peserta didik mampu mengatur pemikiran, data, dan temuan untuk dibagikan secara lisan maupun tulisan (prosedural).