%0 Thesis %9 S2 %A Cahyani, Izza Alfina %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B Teknologi Pendidikan %D 2023 %F UNY:77254 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %K The Development, LMS Moodle, Self-regulated Learning %T PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA KELAS XI %U http://eprints.uny.ac.id/77254/ %X Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan E-Learning berbasis Moodle untuk meningkatkan kemandirian belajar pada mata pelajaran Biologi siswa SMA kelas XI, (2) mengetahui tingkat kelayakan E-Learning berbasis Moodle untuk meningkatkan kemandirian belajar pada mata pelajaran Biologi siswa SMA Kelas XI, dan (3) mengetahui tingkat keefektifan E-Learning berbasis Moodle untuk meningkatkan kemandirian belajar pada mata pelajaran Biologi siswa SMA Kelas XI. Model pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini adalah model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Yogyakarta dengan sampel penelitian siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan penggunaan E-Learning berbasis Moodle pada materi struktur sel dan bioproses sel serta siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran menggunakan lembar kerja siswa dimana pada setiap kelasnya berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi proses pembelajaran, wawancara guru dan siswa, serta angket. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara guru, pedoman wawancara siswa, skala kelayakan validasi yang terdiri dari RPP, media E-Learning berbasis Moodle, materi, dan instrumen kemandirian belajar. Data hasil angket kemandirian belajar siswa dianalisis dengan menggunakan bantuan komputer software SPSS 26. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) E-Learning berbasis Moodle yang terdiri atas sistem e-learning, infrastruktur, dan konten dapat meningkatkan kemandirian belajar pada mata pelajaran Biology siswa SMA Kelas XI, (2) tingkah kelayakan E-Learning berbasis Moodle dari segi materi berada pada kategori sangat layak sedangkan dari segi media, RPP dan instrumen kemandirian belajar berada pada kategori layak, (3) tingkat keefektifan E-Learning berbasis Moodle didapatkan dari uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t test dengan hasil signifikansi sebesar 0.00 dimana ini < 0.05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan secara signifikan rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sehingga pada penelitian pengembangan ini dapat diambil kesimpulan bahwa produk berupa RPP, instrumen kemandirian belajar, dan E-Learning berbasis Moodle pada materi struktur sel dan bioproses sel layak digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, penggunaan E-Learning berbasis Moodle dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.