%T PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X-4 SMAN 1 SIAK HULU %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa %D 2012 %P 1-10 %L UNY7725 %K Pembelajaran Kooperatif, Metode NHT, Hasil belajar Matematika %A Zetriuslita Zetriuslita %A Syafarudin Syafarudin %X Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajajan matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X pada tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 39 orang dengan kemampuan heterogen. Pengambilan data berlangsung dari 14 September 2011 sampai 05 Oktober 2011 yang terdiri dari dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar matematika pada akhir siklus dan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika siswa, jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM mengalami peningkatan pada UH I dan UH II dari skor dasar. Persentase ketuntasan pada skor dasar adalah 33,33%, pada UH I adalah 51,28% dan pada UH II adalah 66,67%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas X-4 SMAN 1 Siak Hulu tahun ajaran 2011/2012 khususnya pada materi persamaan kuadrat Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Metode NHT, Hasil belajar Matematika