%0 Thesis %9 S3 %A Wenda, Dhian Dwi Nur %A Prasetyo, Zuhdan Kun %B Ilmu Pendidikan %D 2023 %F UNY:77225 %I Program Pascasarjana %K central TPACK site, model pembelajaran, perencanaan, praktik %T Pengembangan Model Pembelajaran Central Technological Pedagogical Content Knowledge Site (C-TPACK’S) untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa PGSD dalam Pembelajaran TPACK. %U http://eprints.uny.ac.id/77225/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan terkait kurang optimalnya kemampuan mahasiswa PGSD dalam membuat perencananaan pembelajaran dan mempraktikkan perencananaan pembelajaran berbasis kerangka TPACK. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan (1) kajian konseptual model pembelajaran central technological pedagogical content knowledge site (C-TPACK’S) dan (2) model pembelajaran C-TPACK’S yang valid, praktis, efektif untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa PGSD dalam pembelajaran berbasis kerangka TPACK. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD Semester 4 Universitas Nusantara PGRI Kediri. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data analisis kebutuhan diperoleh melalui observasi, wawancara, analisis dokumen; data validitas model pembelajaran dengan diperoleh dengan skala penilaian; data kepraktisan model pembelajaran diperoleh dengan lembar observasi dan angket; data keefektifan model diperoleh melalui lembar penilaian perencanaan pembelajaran dan lembar penilaian praktik mengajar yang dikembangkan sesuai konsep TPACK. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran C-TPACK’S dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa PGSD dalam pembelajaran berbasis TPACK. (2) Model pembelajaran C-TPACK’S dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli. Kualitas validitas model pembelajaran dari aspek isi/materi TPACK dan ahli teknologi dan desain pembelajaran berkategori valid menurut ahli. (3) Model pembelajaran C- TPACK’S berdasarkan hasil penilaian observasi keterlaksaaan model pembelajaran, pengelolaan pembelajaran, serta respon dosen dan mahasiswa dapat dinyatakan dalam kategori praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa PGSD dalam membuat perencanaan pembelajaran dan mempraktikkan perencanaan pembelajaran sesuai konsep TPACK, (4) Model pembelajaran C-TPACK’S efektif untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa PGSD dalam melaksanakan pembelajaran berbasis TPACK. Keefektifan model dapat dilihat dari hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan model pembelajaran C-TPACK’S dan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis diskusi. Kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran yang diajarkan dengan model pembelajaran C-TPACK’S lebih baik dibandingkan dengan kemampuan mahasiswa yang diajarkan dengan pembelajaran diskusi.