eprintid: 77224 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/72/24 datestamp: 2023-03-28 02:33:52 lastmod: 2023-03-28 02:33:52 status_changed: 2023-03-28 02:33:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zuharnen, Zuharnen creators_name: Pardjono, Pardjono title: Kapasitas Pendidikan Vokasional di Dataran Tinggi Agam dalam Menghadapi Persaingan Global. ispublished: pub subjects: D3 divisions: pps_ip full_text_status: restricted keywords: fungsi pendidikan, kapasitas, sarana, prasarana, sumberdaya abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi kapasitas fungsi pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Dataran Tinggi Agam dalam menyediakan tenaga kerja untuk pembangunan daerah dan pembangunan nasional, (2) mendeskripsikan kapasitas sumberdaya manusia yang tersedia pada SMK di Dataran Tinggi Agam, dan (3) mengidentifikasi kapasitas sarana dan prasarana pendidikan yang ada SMK di Dataran Tinggi Agam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, namun karena data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistik (deskriptif), maka penamaan metode disebut dengan “deskriptif kuantitatif”. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang dihadapi oleh SMKN/SMKS/D-1 di Dataran Tinggi Agam. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang diperuntukkan bagi pemangku kepentingan dan komunitas sekolah pada setiap satuan pendidikan. Kuesioner berisi 50 butir pertanyaan yang digunakan untuk mendapatkan nilai/index bagi ke-tujuh indikator. Responden ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dikerjakan secara statistik dan penyajian indikator kapasitas pendidikan SMK berupa model “jejaring laba-laba” yang dilengkapi dengan diagram batang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Berbagai kendala maupun keterbatasan pada pendidikan SMK yang terdapat di Dataran Tinggi Agam menyebabkan lulusan pendidikan vokasional masih sulit bersaing untuk memperoleh pekerjaan sesuai dengan kompetensinya. (2) Pada semua satuan pendidikan vokasional, tidak diperoleh data yang sahih tentang guru produktif sebagai penggerak utama pendidikan, karena yang disebutkan hanyalah guru professional. (3) Ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan (laboratorium, perpustakaan, alat peraga dsb) pada sebagian besar satuan pendidikan vokasional di Dataran Tinggi Agam belum mencukupi untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik. Potensi unggulan daerah seperti pertanian, peternakan, dan perikanan air tawar belum diakomodasi sebagai program keahlian. Dalam 20 tahun terakhir kota Bukittinggi mendapat prioritas sebagai pusat pelayanan kesehatan masyarakat, sehingga kompetensi di sektor kesehatan juga memiliki peluang untuk dikembangkan. Dengan dikeluarkannya Inpres No.9/2016 tentang Revitalisasi SMK, maka arti penting dari pendidikan vokasional dan pembenahannya menjadi mendesak untuk dilakukan. Manfaat dari penelitian ini adalah: (1) menjadikan SMK di daerah penelitian memiliki program unggulan guna menarik minat peserta didik, (2) menjadikan lulusan SMK sebagai bagian dari pemecahan masalah pengangguran dan bagian dari proses transisi dari masyarakat agraris menuju masyarakat industry, dan (3) dapat digunakan oleh pemangku kepentingan untuk evaluasi dan perencanaan pendidikan vokasional serta pembangunan daerah pada umumnya. date: 2023-01-19 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Ilmu Pendidikan thesis_type: disertasi referencetext: Anonim. (1992). Potensi Daerah dan Peluang Usaha di Sumatera Barat: Pemprov Dati I Sumatera Barat. _______. (1996). Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Penerbit Liberty. _______. (1998). Bukittinggi Dalam Angka: Bappeda Kota Bukittinggi & BPS Kota Bukittinggi. _______. (2003). UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. _______. (2007/2008). Agam Dalam Angka. Lubukbasung: Badan Pusat Statistik. _______. (2007). Permendiknas No. 13 Tahun 2007 tentang Standararisasi Kepala Sekolah. _______. (2009). Pembangunan Pendidikan Nasional (Seminar Kebangsaan Kagama, 24/07/09). _______. (2011). Sumatera Barat Dalam Angka: Bappeda Prov. Sumatera Barat. _______. (2012). Skill for Labor Market: World Bank. _______. (2013). Profil Pendidikan. Bukittinggi: Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. _______. (2015). Rangkuman (Data Sekolah) Kota Bukittinggi. Bukittinggi: Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. _______. (2016). Profil Data Pokok Pendidikan Kota Bukittinggi. Bukittinggi: Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. _______. (2016). Inpres No. 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan. Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. _______. (2017). Pedoman Tesis dan Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. _______. (2017). Data Sosial Ekonomi Strategis: Badan Pusat Statistik. _______. (2018). PUNDI – Pendidikan Untuk Indonesia (Vol. 1 No. 1, Januari 2018). Yayasan Pegiat Pendidikan Indonesia. 196 _______. (2019). Panduan Penilaian Perkembangan Kawasan Transmigrasi. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. _______. (2022). Perpres No. 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi. Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. Abror, A.F. dan Jati, H. (2016). Pengembangan dan Analisis Kualitas Aplikasi Penilaian E-learning SMK Berbasis ISO 19796-1 di DIY. (Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.6 No.1 Pebruari 2016). Alhumami. (2016). Reformasi Pendidikan Vokasi (Harian Kompas, 15/06/2016). Amin, M. (2016). Lulusan SMK Jawaban Pertumbuhan Industri (Harian Kompas, 15/08/2016). Barnadib, I. (1995). Pendidikan Perbandingan. Yogyakarta: Penerbit Andi. Barnadib, I. (2013). Filsafat Pendidikan; Sistem dan Metode. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Barbhuiya, A. H. (2018). Education and Employment Linkages (International Journal of Creative Research Thoughts - 6-1). Boediono. (2013). Pendidikan Bagi Semua (Harian Kompas, 03/10/2013). ________. (2015). Manusia dan Bangsa (Harian Kompas, 13/11/2015). Brodjosoemantri, S. B. (2016). Sekolah Bukan Pabrik atau Kantor (Harian Kompas, 15/08/2016). Buchori, M. (1994). Ilmu Pendidikan & Praktik Pendidikan Dalam Renungan. Yogyakarta: Tiara Wacana. __________ . (1994). Pendidikan Dalam Pembangunan. Yogyakarta: Tiara Wacana. Cedefop, E.C. (2012). Vocational Education and Training in Denmark (Publications Office of the European Union - Vol. 9) Chaniago, S. M. dan Adi, T. T. (2013). Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Clarke, L. & Winch, Ch. (Eds). (2007). Vocational Education – International Approach, Developments and Systems. London: Routledge. Cobbe, J. dan Boediono. (1993). Indonesia Dalam Proses Transisi: Pendidikan, Pasar Tenaga Kerja dan Pembangunan (Prisma No.2 Tahun 1993). 197 Colleta, N. dkk. (1987). Kebudayaan dan Pembangunan: Sebuah Perspektif Terhadap Antropologi Terapan di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Creswell, J. W. (2012). Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Terjemahan, Edisi 3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Dardiri, A. (2010). Revitalisasi Pendidikan Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Humanis – Religius (Pidato Pengukuhan Guru Besar). Yogyakarta: UNY. ________. (2013). Memperkenalkan Analisis Filosofis Sebagai Pendekatan Dalam Filsafat Pendidikan (Prosiding Seminar Pendidikan Untuk Pencerahan & Kemandirian Bangsa). Yogyakarta: FIP UNY. Darmaningtyas dkk. (2014). Melawan Liberasisi Pendidikan. Malang: Madani. Dewi, A. V. dan Mulyatiningsih, A (2013). Pengaruh Pengalaman Pendidikan Kewirausahaan dan Keterampilan Kejuruan Terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa (Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.3 No.2 Juni 2013). Djiwapradja, D. (1984). Islam dan Perkembangan Ilmu-ilmu Eksakta (Terjemahan). Islam, Filsafat dan Ilmu, Jakarta: Pustaka Jaya. Drost, J. I. (2008). Sekolah: Mengajar atau Mendidik? Yogyakarta: Penerbit Kanisius. Dwiningrum, S. I. A. (Ed.). (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Effendi, T. N. (1995). Sumber Daya Manusia – Peluang Kerja dan Kemiskinan. Yogyakarta: Tiara Wacana. Graves, E. E. (2007). Asal-usul Elite Minangkabau Modern: Respons Terhadap Kolonial Abad XIX/XX. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Hadam, S dkk. (2017). Strategi Implementasi Revitalisasi SMK: 10 Langkah Revitalisasi SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kemendikbud. Hadi, S. (1989). Statistik Jilid 2. Yogyakarta: Penerbit Andi. Hanafi, I. (2012). Re-orientasi Keterampilan Kerja Lulusan Pendidikan Kejuruan (Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.2 No.1 Pebruari 2012). Hardy, I. & Liu, S. (2022). Complex connectivities: Policy networks, data infrastructures and vocational education reform in China (International Journal of Educational Research, February, 2022). 198 Hastono, S. P. (2001). Analisa Data (Modul Kuliah). Jakarta: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. ________. (2014). Pendidikan Teknik dan Vokasional; Menggali Pengalaman Sukses Institusi Bi-National di Negeri Jiran, dari Konsep hingga Implementasi.Yogyakarta: Deepublish. Hendra, Dj. dan Galus, B. S. (Ed.). (2014). Reinventing Pendidikan Yang Mengindonesia. Yogyakarta: Penerbit Beta. Hidayat, R. (2013). Pedagogi Kritis: Sejarah, Perkembangan dan Pemikiran. Depok: PT. Rajagrafika Persada. Hornby, et.al. (Eds). (1995). Oxford Advanced Learner’s Dictionary. London: Oxford University Press. Idris, Z. (1986). Dasar-dasar Kependidikan. Bandung: Angkasa. Indriaturrahmi dan Sudiyatno. (2016). Peran Dunia Usaha dan Dunia Industri Dalam Pembelajaran SMK Berbasis Kearifan Lokal di Kota Mataram (Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.6 No.2 Juni 2016). Jalinus, N. (2011). Pengembangan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dan Hubungan Dunia Kerja (Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.1 No.1 Pebruari 2011). Joesoef, D. (2016). Jangan Permainkan Pendidikan (Harian Kompas, 22/06/2016). Kuckulenz, A. (2007). Studies on Continuing Vocational Training in Germany an Empirical Assessment (ZEW Economic Studies Vol.37 – Physica – Verlag A Spring Company). Kurniawan, B. (2016). SMK Menjadi Primadona (Harian Bernas, 01/11/2016). Kusumadewi, E. I. (2004). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Penerimaan, Pengalaman Kerja dan Hubungan dengan Pimpinan Terhadap Produktivitas Kerja Auditor. Semarang: Universitas Soegijapranata. Mantra, D. (2016). Pendidikan dan Pekerjaan (Harian Kompas, 20/10/2016). Martin, T. et.al. (2012). Teachers and Teaching Vocational Education and Training Institution: Reflections from Western Australia – Education a Competitive and Globalizing World. New York: Nova Science Publishers. Meirina, I. (2011). Peningkatan Kompetensi Profesional Pramusaji Restoran di Sumatera Barat (Prosiding Konvensi Nasional APTEKINDO VII dan Temu Karya, 2011). 199 Mulyasa (2003). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi & Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Neolaka, A. (2011). Model Pendidikan Guru Vokasional yang Profesional Menuju Generasi Emas (Prosiding Konvensi Nasional APTEKINDO VII dan Temu Karya, 2011). Noorhayati dkk. (2012). Telaah Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: deeppublish. Nuchron dkk. (2013). Model Evaluasi Diri SMK di DIY (Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.3 No.1 Pebruari 2013). Nurlambang, T. dkk. (2014). Kajian Pemetaan Sejarah dan Nilai Budaya. Jakarta: Kemendikbud. Pardjono. (2019). Reorientasi Pendidikan Kejuruan Untuk Pembangunan Daerah dan Tantangan Industri Generasi Empat (Orasi Ilmiah Dies Natalis ke-58 Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta). Peursen, C.A. (1989). Susunan Ilmu Pengetahuan: Sebuah Pengantar Filsafat Ilmu (Terjemahan Drost). Jakarta: PT. Gramedia. Poerwadarminta, W.J.S. (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Pramukantoro, J. A. dan Soenarto. (2004). Pelaksanaan Bimbingan Kejuruan di SMK Kristen Petra Surabaya (Jurnal Penelitian dan Evaluasi No.2 Tahun VI, 2004). Phillips, D.C. (Eds). (2014). Encyclopedia of Education Theory and Philosophy. London: SAGE Reference. Pring, R. (2005). Philosophy of Education: Aims, Theory, Common Sense and Research. London: Continuum. Prosser, Ch. A. (1950). Vocational Education in a Democracy. Chicago: American Technical Society. Ramadhan, M.A. dan Sugiyono. (2015). Pengembangan Sumber Dana Sekolah Pada SMK. (Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.5 No.5 Nopember 2015). Rahdiyanta, D. (2011). Tantangan Pendidikan Teknologi Kejuruan dalam Era Global (Prosiding Konvensi Nasional APTEKINDO VII dan Temu Karya, 2011). Rofiq, Z. (2004). Collaborative Learning: Penerapan Konsep Belajar Yang Sesuai Dengan Suasana Dunia Kerja (Dinamika Vol.2 No.1 Mei 2004). Rukiyati (2013). Landasan Filsafati Ilmu Pendidikan (Prosiding Seminar Pendidikan Untuk Pencerahan & Kemandirian Bangsa). Yogyakarta: FIP UNY. 200 Santoso, H. (2015). Nilai-nilai Ke-UGM-an Sebagai Landasan Filosofis Pengembangan Ilmu (Disertasi S3 Ilmu Filsafat UGM). Sarundayang, S.H. (2011). Geostrategi. Jakarta: Kata Hasta Pustaka. Setyaningsih, D. N. (2011). Mempersiapkan Lulusan pada Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi dalam Penerapan Kurikulum 2013 (Prosiding Konvensi Nasional APTEKINDO VII dan Temu Karya, 2011). Shidiq, F. dkk. (2016). Analisis Kapasitas Pemerintah Daerah Menggunakan 71 Indikator Perangkat Penilaian Kapasitas Daerah: Studi Kasus Kabupaten Sarmi, Papua (Tesis S2 Unhan). Siswoyo, D. (Ed.). (2013). Membangun Pendidikan Sebagai Ilmu Untuk Pencerahan Kemandirian (Prosiding Seminar Pendidikan Untuk Pencerahan & Kemandirian Bangsa). Yogyakarta: FIP UNY. Siswoyo, D. (2017). Sekolah dan Guru: Dalam Tantangan Zaman. Yogyakarta: UNY Press. Slamet, P.H. (2016). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Global (Materi Kuliah Umum Mahasiswa Baru PPs UNY 2015/2016). Sofyan, H. dan Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK (Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.6 No.3 Juni 2016). Stevenson, J. (Eds). (2003) Developing Vocational Expertise – Principles and Issues in Vocational Education. Australia: Allen & Unwin. Sudira, P. (2012). SMK Kearifan Lokal Tri Hita Karana (Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.2 No.2 Juni 2012). Sudira, P. (2012). Filosofi & Teori Pendidikan Vokasi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press. Sudira, P. (2016). TVET Abad XXI; Filosofi, Teori, Konsep, dan Strategi Pembelajaran Vokasional. Yogyakarta: UNY Press. Sudira, P. (2021). Tinjauan Filosofis – Teoritis Untuk Hamemayu Hayuning Bawana (Pidato Pengukuhan Guru Besar: Kearifan Sang Profesor). Yogyakarta: UNY Press. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. 201 Sumarno. (2013). Pendidikan Untuk Pencerahan dan Kemandirian Bangsa (Pidato Dies Natalis ke-49 UNY Tahun 2013). Suriasumantri, J.S. (1985). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan. Suryono, Y. (2013). Pudarnya Kemandirian Bangsa: Adakah Peran Pendidikan dan Ilmu Pendidikan? (Prosiding Seminar Pendidikan Untuk Pencerahan & Kemandirian Bangsa). Yogyakarta: FIP UNY. Susanto, H. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMK (Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.2 No.2 Juni 2012). Suyanto, B. (2016). Ironi Lulusan SMK (Harian Kompas, 19/10/16). Swasono, S.E. (2016). Kegagalan Mendasar Pendidikan Kita (Harian Kedaulatan Rakyat, 04/05/16). Tilaar, H.A.R. (1999). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya. Tilaar, H.A.R. (2010). Pradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta. Tjahjono, G. (2011). Evaluasi Kinerja SMK Negeri Kupang Ditinjau dari Standar Nasional Pendidikan (Prosiding Konvensi Nasional APTEKINDO VII dan Temu Karya, 2011). Thoyibi, M. (1999). Filsafat Ilmu dan Perkembangannya. Surakarta: Muhammadiyah University Press. Triyono, M.B. dan Utami, P. (2017). Pembelajaran E-Learning Pendidikan Vokasi. Yogyakarta: UNY Press. Vembriarto, ST. (1989). Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit ANDI Offset. Vemmy, C. (2012). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Siswa SMK (Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.2 No.1 Pebruari 2012). Windarto, R. (2013). Minat Siswa SMP Negeri Melanjutkan ke SMK Ditinjau Dari Sosial Ekonomi Keluarga di Kabupaten Bantul (Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.3 No.1 Pebruari 2013). Pustaka dari Internet http://en-m-wikipedia-org-translate.goog 202 http://eksis.ditpsmk.net http://text-id.123 doc.com http://radioedukasi.kemendikbud.go.id http://repository.unpas.ac.id nildamiftahuljanna@gmail.co citation: Zuharnen, Zuharnen and Pardjono, Pardjono (2023) Kapasitas Pendidikan Vokasional di Dataran Tinggi Agam dalam Menghadapi Persaingan Global. S3 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/77224/1/disertasi-zuharnen-15703261002.pdf