%0 Thesis %9 S1 %A Marga, Chiko Laksana %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B Teknologi Pendidikan %D 2022 %F UNY:77212 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K E-learning, Implementasi %T IMPLEMENTASI E-LEARNING DI MTSN 3 PONOROGO %U http://eprints.uny.ac.id/77212/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Latar belakang dan tujuan E-learning dan kesesuian pelaksanaan kurikulum darurat. 2) Kesiapan Pendidik dalam pelaksanaan E-learning dan ketersediaan sarana dan prasarana 3) Proses pembelajaran dan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan E-learning 4) Hasil pembelajaran E-learning dan interaksi dalam pelaksanaan E-learning Penelitian ini merupakan penelitian Kualititatif Deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan Teknik Triangulasi. Data dianalisis melalui reduksi,penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Latar belakang dan tujuan pelaksanaan E-learning adalah pendidik dan peserta didik lebih mengenal perkembangan teknologi dalam pembelajaran. Tujuannya untuk mengurangi penggunaan kertas yang biasa digunakan dalam proses pembelajaran dan pengganti dari pembelajaran tatap muka. Pelaksanaan Kurikulum darurat di MTSN 3 Ponorogo sudah sesuai dengan panduan penyusunan kurikulum darurat. 2) Kesiapan pelaksanaan pembelajaran pendidik MTSN 3 Ponorogo telah mengikuti pelatihan E-learning yang diselenggarakan di sekolah. ketersediaan sarana dan prasarana yang digunakan pendidik selama proses E-learning adalah laptop dan smartphone. 3) Proses pembelajaran dimulai dari perencanaan berupa penyusunan perangkat pembelajaran dan materi bahan ajar yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Hambatan dalam pelaksanaan E-learning berupa koneksi internet peserta didik yang tidak stabil, pengawasan belajar dan pengumpulan tugas yang sering terlambat. 4) Hasil pembelajaran peserta didik belum mencapai ketuntasan maksimal (KKM). Penilaian di MTSN 3 Ponorogo menggunakan 3 aspek yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Interaksi pembelajaran dalam E-learning berlangsung kurang memuaskan dan peserta didik kurang aktif selama proses pembelajaran menggunakan E-learning.