%A Adi Firman %K multimedia berbasis android, aksara sunda, sekolah dasar %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Multimedia Interaktif Aksara Sunda Berbasis Android untuk Siswa Kelas V di SDN 2 Hegarmanah Cidolog Ciamis dan (2) Mengetahui kelayakan Multimedia Interaktif Aksara Sunda Berbasis Android untuk Siswa Kelas V di SDN 2 Hegarmanah Cidolog Ciamis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan mengunakan model ADDIE. Desain pengembangan multimedia interaktif ini meliputi beberapa langkah yang terdiri dari Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi). Tahap Analysis meliputi analisis tujuan pembelajaran, analisis metode pembelajaran dan analisis karakteristik siswa. Design meliputi penyusunan GBIM, penyusunan flowchart, penyusunan storyboard, penyusunan instrument. Development meliputi pengembangan multimedia, validasi ahli media dan materi, validasi guru. Implementation meliputi uji coba siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala penilaian untuk ahli media, ahli materi guru dan angket respon siswa. Subyek uji coba yaitu siswa Kelas V SDN 2 Hegarmanah sebanyak 7 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif rerata. Penelitian ini telah mengahasilkan mengasilkan multimedia interaktif aksara sunda berbasis android yang layak dengan dibuktikan dari hasil validasi media, materi, penilaian guru dan uji coba ke siswa. Hasil validasi ahli media kategori sangat baik (3.68). Hasil validasi ahli materi ketegori sangat baik (4.00). Hasil penilaian guru kategori sangat baik (3.76). Hasil uji coba siswa kategori layak (0.97). %L UNY77202 %T PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF AKSARA SUNDA PADA PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA SUNDA UNTUK SISWA KELAS V DI SDN 2 HEGARMANAH CIDOLOG CIAMIS %D 2022 %I Fakultas Ilmu Pendidikan