eprintid: 77198 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/07/71/98 datestamp: 2023-03-27 02:28:51 lastmod: 2023-04-03 03:36:44 status_changed: 2023-03-27 02:28:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratama, Teddy Giolanda corp_creators: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes. title: Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMA Negeri 1 Tanjungpandan Kabupaten Belitung ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pjkr full_text_status: public keywords: evaluasi, CIPP, pembelajaran PJOK note: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Tanjungpandan Kabupaten Belitung berdasarkan aspek Context, Input, Process, dan Product. Model evaluasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP. Subjek evaluasi ini adalah kepala sekolah, guru PJOK, dan peserta didik di SMA Negeri 1 Tanjungpandan Kabupaten Belitung. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan kriteria: responden yang bersedia menjadi sampel dan mengisi kuesioner dari peneliti. Sampel terdiri atas 1 orang kepala sekolah, 3 guru PJOK, dan 30 peserta didik dengan rincian 10 peserta didik kelas X, 10 peserta didik kelas XI, dan 10 peserta didik kelas XII. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu anĂ¡lisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Tanjungpandan Kabupaten Belitung sebesar 2,47 masuk kategori kurang. Berdasarkan masing-masing komponen evaluasi, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Context evaluasi program pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Tanjungpandan Kabupaten Belitung, sebesar 2,70 masuk kategori baik. Indikator filsafat pembelajaran PJOK sebesar 2,67 pada kategori baik dan tujuan pembelajaran PJOK sebesar 2,73 pada kategori baik. (2) Input evaluasi program pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Tanjungpandan Kabupaten Belitung, sebesar 2,41 masuk kategori kurang. Indikator profil guru sebesar 2,78 pada kategori baik, profil peserta didik sebesar 2,19 pada kategori baik, dan sarana dan prasarana pembelajaran sebesar 2,27 pada kurang. (3) Process evaluasi program pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Tanjungpandan Kabupaten Belitung, sebesar 2,35 masuk kategori kurang. Indikator RPP sebesar 2,52 pada kategori baik dan program pembelajaran sebesar 2,17 pada kategori kurang. (4) Product evaluasi program pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Tanjungpandan Kabupaten Belitung, sebesar 2,29 masuk kategori kurang. Indikator evaluasi proses pembelajaran sebesar 2,33 pada kategori kurang dan evaluasi hasil pembelajaran sebesar 2,25 pada kategori kurang. Dapat disimpulkan bahwa evaluasi program pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Tanjungpandan Kabupaten Belitung pada kategori kurang. date: 2023-03-20 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani thesis_type: tesis citation: Pratama, Teddy Giolanda (2023) Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMA Negeri 1 Tanjungpandan Kabupaten Belitung. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/77198/1/fulltext_teddy%20giolanda%20pratama_20733251021.pdf