%K Kemampuan membaca pemahaman, siswa tunarungu, pendekatan whole language %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji kefeektivan pendekatan Whole language terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas V Sekolah Dasar di SLB Negeri Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa tunarungu yang kelas V Sekolah Dasar. Data diperoleh dengan melakukan tes kemampuan membaca pemahaman dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam tes kemampuan membaca pemahaman adalah uji statistik nonparametris dan pengujian hipotesis menggunakan tes Wilcoxon match pairs. Analisis data observasi dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Whole language efektiv terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas V di SDLB. Keefektivan tersebut berdasarkan hasil uji hipotesis yang berupa T hitung 0 = T tabel 0. Penguasaan kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu ditunjukkan dengan kemampuan siswa dalam menemukan informasi dan menjawab pertanyaan mengenai detaik-detail fakta, menuliskan pokok pikiran utama dan menuliskan kembali teks bacaan. %A Intan Tsani Faradilla Faradilla %L UNY77191 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2022 %T EFEKTIVITAS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA TUNARUNGU KELAS V DI SLB NEGERI KOTA MAGELANG