%L UNY7719 %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan metode mind map dan metode ceramah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Keputran A Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan bentuk Nonequivalent Control Group Desain. Variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS dan variabel bebasnya adalah metode mind map. Subjeknya adalah siswa kelas IVB dan IVC SD Negeri Keputran A yang berjumlah 64 siswa. Instrumennya adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data ada tiga tahap yaitu deskripsi data meliputi distribusi data hasil belajar IPS siswa, uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis meliputi uji t dengan melihat perbedaan hasil belajar IPS kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pengaruh penggunaan metode mind map dan metode ceramah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Keputran A Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Analisis data tahap pertama nilai mean pre test dan post test kelompok eksperimen meningkat sebesar 15,54 sedangkan kelompok kontrol meningkat sebesar 6,645. Tahap kedua membuktikan kedua kelompok tersebut homogen dan berdistribusi normal. Tahap ketiga diperoleh data post test pada kelompok eksperimen dan kontrol yaitu sig 0,003 dan thitung 3,136. Kata kunci: metode mind map, metode ceramah, hasil belajar IPS. %A SUBIYATI DYAH AYU DEWI %K metode mind map, metode ceramah, hasil belajar IPS. %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012 %T PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAP DAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI KEPUTRAN A YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012