TY - THES M1 - skripsi EP - 120 ID - UNY77124 UR - http://eprints.uny.ac.id/77124/ AV - restricted TI - KEEFEKTIFAN METODE LEARNING BY DOING DALAM KETERAMPILAN MENGGUNTING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS BAGI ANAK HAMBATAN INTELEKTUAL KATEGORI RINGAN KELAS VI SD DI SLB SUHARJO PUTRA A1 - Sari, Nindyra Mu?nis Y1 - 2023/03/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode learning by doing melalui keterampilan menggunting untuk peningkatan motorik halus pada siswa hambatan intelektual kategori ringan kelas VI SD di SLB Suharjo Putra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan sebanyak empat pertemuan dengan subjek siswa hambatan intelektual kategori ringan yang terhambat pada kemampuan motorik halus kelas VI SD di SLB Suharjo Putra yang berjumlah dua orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes perbuatan. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data statistik non-parametrik dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Metode pengujian menggunakan rumus tes tanda. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang dialami oleh kedua subjek setelah ditentukan perbandingan hasil pre-test dan post-test. Peningkatan yang dialami subjek MA meningkat sebesar 34,38% dari nilai pre-test 50% menjadi 84,38% pada nilai post-test. Subjek JD mendapatkan nilai pre-test sebesar 59,38% dan mendapat nilai post-test sebesar 93,75%, sehingga peningkatan yang dialami oleh subjek JD yaitu sebesar 34,37%. Kesimpulan akhir serta hipotesis menunjukkan bahwa metode learning by doing efektif dalam keterampilan menggunting untuk peningkatan motorik halus pada anak hambatan intelektual kategori ringan kelas VI SD di SLB Suharjo Putra. Keefektifan tersebut ditunjukkan oleh hasil analisis data menggunakan tes tanda menunjukkan hasil pengujian p= 0,031 lebih kecil dari p= 0,05 PB - Universitas Negeri Yogyakarta KW - metode learning by doing KW - anak hambatan intelektual kategori ringan KW - keterampilan menggunting KW - motorik halus ER -