%0 Thesis
%9 S1
%A Komarudin, Soim
%A Dr. Sridadi, M.Pd.,
%B Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
%D 2023
%F UNY:77101
%I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
%K pemahaman, permainan bola besar, peserta didik kelas VIII, Kelas Khusus Olahraga
%T Perbedaan Pemahaman Siswa Kelas Khusus Olahraga dan Kelas Reguler Dalam Mata Pelajaran PJOK Permainan Bola Besar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Saptosari
%U http://eprints.uny.ac.id/77101/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa kelas regular dan kelas khusus olahraga dalam mata pelajaran PJOK permainan bola besar di SMP Negeri 1 Saptosari.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dalam bentuk tes. Populasi penelitian ini adalah kelas KKO berjumlah 30 peserta didik dan kelas regular berjumlah 126 peserta didik. Teknik pengambilan sempel dalam penelitian ini menggunakan total sampling dan proportional random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s sebesar 0,695. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data presentase.  Hasil penelitian kelas KKO lebih unggul dari kelas reguler dengan nilai total: kelas regular kategori sangat tinggi (10%), tinggi (63%), sedang (27%), rendah (0%), sangat rendah (0%) untuk kelas khusus olahraga kategori sangat tinggi (70%), tinggi (30%), sedang (0%), rendah (0%), sangat rendah (0%). Dapat disimpulkan siswa kelas khusus olahraga lebih tinggi tingkat pemahaman dibandingkan kelas regular.
%Z Dosen Pembimbing: Dr. Sridadi, M.Pd.