TY - THES ID - UNY77089 KW - Representasi KW - Iklan KW - Semiotika Roland Barthes KW - Peran Ganda Perempuan KW - Gender Y1 - 2023/02/17/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi peran ganda perempuan dalam iklan Sunlight Extra Higienis Baru. Hal ini menjadi penting karena sajian dalam iklan dapat menjadi media komunikasi untuk memperluas makna tentang konsep gender dan definisi perempuan sempurna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian berasal dari data primer, yaitu iklan Sunlight Extra Higienis Baru dan data sekunder yang didapatkan melalui teknik dokumentasi dan wawancara dengan informan penelitian, yaitu Gilang Jiwana Adikara, S.I.Kom., M.A., Dosen Ilmu Komunikasi dan Sasiana Gilar Apriantika, M. A., Dosen Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Guna menjamin validitas data yang dikumpulkan, penelitian ini menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan peta tanda analisis semiotika Roland Barthes untuk mengkaji tanda dan simbol dalam sajian iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi peran ganda perempuan dalam iklan Sunlight Extra Higienis Baru ditunjukkan dengan mengaplikasikan nilai gender transformatif dengan merepesentasikan perempuan berperan produktif di sektor publik, namun tetap ditampilkan secara feminim sebagai ibu rumah tangga yang berperan penting dalam keluarga. Tokoh perempuan dalam iklan direpresentasikan memiliki tiga peran, yaitu sebagai ibu rumah tangga, perempuan pekerja, dan seorang ibu yang mengasuh dan mendidik anak. Representasi peran ganda perempuan tidak dimaknai sebagai bentuk ketidakadilan gender yang menjebak perempuan dalam belenggu dua peran sekaligus, melainkan sebagai perluasan makna tentang gender dan definisi perempuan sempurna. Gender adalah sesuatu yang dinamis dan perempuan sempurna adalah yang mampu menempatkan komitmen sama rata antara peran domestik dan publik secara bijak. Makna pesan dibuat dengan memberikan kesan pemberdayaan kepada kaum perempuan untuk berani memilih dan membuktikan bahwa perempuan dalam lebih dari sekedar domestik. Representasi peran ganda perempuan menjadi wacana iklan yang persuasif karena dapat mempengaruhi dan mempermainkan perasaan khalayak penonton, sehingga ingat dan bersedia membeli produk yang ditawarkan. Kata Kunci: Representasi, Iklan, Semiotika Roland Barthes, Peran Ganda Perempuan, Gender PB - Fakultas Ilmu Sosial A1 - Ashikah, Afifah Nur EP - 225 M1 - skripsi AV - public TI - Representasi Peran Ganda Perempuan dalam Iklan Sunlight Extra Higienis Baru (Analisis Semiotika Roland Barthes) UR - http://eprints.uny.ac.id/77089/ ER -