%0 Thesis %9 S1 %A Sumartanti, Sumartanti %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B PGSD %D 2023 %F UNY:77062 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %K membaca permulaan, media kartu kata %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS 1 SD N WULUHADEG KABUPATEN BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/77062/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas 1 SD Negeri Wuluhadeg Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan MC Teggart yang meliputi (1) tahapan perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SD N Wuluhadeg yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan soal tes dan lembar observasi Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Indikator keberhasilan siswa yang harus dicapai dengan rerata klasikal 75 dan ketuntasan 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SD N Wuluhadeg. Peningkatan proses pembelajaran membaca permulaan terlihat siswa yang berani membaca secara individu di depan kelas. Suara dan kekompakan siswa dalam belajar membaca permulaan mengalami peningkatan. Persentase kemampuan membaca pada tahap pra tindakan siswa mencapai kriteria baik dengan mencapai 34,47%, pada siklus I meningkat 17,25% menjadi 51,72%, dan pada siklus II meningkat 31,03% menjadi 82,75%.