<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SD NEGERI KARANGMOJO III"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri Karangmojo III. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Karangmojo III yang berjumlah 9 siswa terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, instrumen tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan penelitian yaitu minimum 75% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal KKM) yaitu 75 dan aktivitas guru dan siswa lebih dari 85% dengan kategori sangat baik. Proses meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri Karangmojo III menempuh beberapa fase mulai dari mengorientasikan masalah, membentuk kelompok, membimbing investigasi kelompok, penulisan dan memamerkan hasil karya, dan kesimpulan. Pada penelitian ini sudah terbukti penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri Karangmojo III. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil tes yang diberikan oleh peneliti. Pada tahap pra siklus terdapat 22,22% tuntas dengan rata-rata kelas 58,33 kemudian pada siklus I meningkat persentase siswa tuntas meningkat menjadi 44,44% dengan rata-rata kelas 71,11 dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 77,77% siswa tuntas dengan ratarata kelas 83,88."^^ . "2023-01-24" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Andhini"^^ . "Permatasari"^^ . "Andhini Permatasari"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SD NEGERI KARANGMOJO III (Text)"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SD NEGERI KARANGMOJO III (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SD NEGERI KARANGMOJO III (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SD NEGERI KARANGMOJO III (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SD NEGERI KARANGMOJO III (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SD NEGERI KARANGMOJO III (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #77061 \n\nPENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SD NEGERI KARANGMOJO III\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . .