%I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012 %T KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DAN YANG BELUM BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SD NEGERI SE GUGUS III KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS %K kompetensi pedagogik, guru bersertifikat pendidik dan guru yang belum bersertifikat pendidik %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kompetensi profesi guru bersertifikat pendidik, (2) mengetahui kompetensi profesi guru yang belum bersertifikat pendidik, dan (3) mengetahui perbandingan pelaksanaan kompetensi profesi guru bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik di SD se gugus III Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi yang digunakan adalah guru bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik di SD se gugus III Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas dan ditemtukan populasi sebanyak 62 orang guru yang mencakup 26 guru bersertifikat pendidik dan 36 guru yang belum bersertifikat pendidik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan kompetensi guru bersertifikat pendidik pada kompetensi pedagogik (89,3%) dalam kategori sangat baik. (2) pelaksanaan kompetensi guru yang belum bersertifikat pendidik kompetensi pedagogik (75,3%) dalam kategori baik. (3) kompetensi profesi guru bersertifikat pendidik lebih baik daripada guru yang belum bersertifikat pendidik di SD Negeri se gugus III Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. %A Prasetiya Eko %L UNY7705