%0 Thesis %9 S1 %A ENDANG SITI , NURANI %A SRI MAWARTI, M.Pd, %A SARYONO, M.Or, %A NGATMAN, M.Pd, %A YUYUN ARI WIBOWO, M.Or, %B FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN %D 2012 %F UNY:7702 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K Pembelajaran Lompat Tinggi, Alat Bantu, Karet %T UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI DENGAN ALAT BANTU KARET PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI KEJI I, KECAMATAN MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG %U http://eprints.uny.ac.id/7702/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran lompat tinggi dengan alat bantu karet pada siswa kelas V SD Negeri Keji I, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung satu siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Keji I, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang yang berjumlah 28 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih antusias, aktif, tidak malas, dan merasa senang. Sedangkan nilai kuantitatif dapat dilihat dari hasil tes unjuk kerja gerak dasar lompat tinggi, nilai rerata siswa siklus I pertemuan pertama 72,03 dan siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 60,72% dari ketentuan sekolah yaitu 70. Pada siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 78,05 dan siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 92,86%. Hasil ini sangat meningkat dibandingkan dengan hasil tes unjuk kerja pembelajaran sebelumnya, yang dapat dilihat dari hasil tes unjuk kerja gerak dasar lompat tinggi nilai reratanya 68,77 dan siswa yang mencapai KKM hanya 42% tuntas dari ketentuan KKM sekolah yaitu 70. Kata Kunci : Pembelajaran Lompat Tinggi, Alat Bantu, Karet