TY - THES AV - restricted PB - Fakultas Ilmu Pendidikan TI - PENGELOLAAN PEMBELAJARAAN JARAK JAUH KELAS INKLUSI DI MASA PANDEMI VIRUS COVID-19 : STUDI KASUS PADA SD NEGERI MENDUT, MAGELANG, JAWA TENGAH A1 - Wati, Tika Mustika KW - Pengelolaan Pembelajaran KW - Pembelajaran Jarak Jauh KW - Kelas Inklusi Y1 - 2022/02/08/ ID - UNY77012 UR - http://eprints.uny.ac.id/77012/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai pengelolaan khususnya pada sistem penyampaian pembelajaran jarak jauh, hambatan yang terjadi dalam pembelajaran jarak jauh dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi di kelas inklusi SD Negeri Mendut, Magelang, Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV, guru pendamping khusus dan siswa berkebutuhan khusus kelas IV sejumlah 9 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi data. Teknik analisis data menggunkan model iteratif dari Miles, Hubermen, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Tahap perencanaan meliputi need assesmen dan penyusunan RPP. Tahap pelaksanaan meliputi penyampaian materi, interaksi dalam pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran, penggunaan sumber belajar, penggunaan platform media pembelajaran dan ketersediaan sarana prasarana. Pada tahap evaluasi pembelajaran yaitu menggunakan tes tertulis, lisan, dan praktik dengan tindak lanjut berupa remidial dan pengayaan. 2) Kendala dalam pengelolaan pembelajaran jarak jauh yaitu tidak makasimalnya guru dalam menyampaikan pembelajaran, mahalnya kuota, tidak stabilnya jaringan internet, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi, 3) Upaya yang dilakukan oleh guru yaitu dengan memberikan bantuan kuota belajar untuk siswa, pembelajaran tatap muka terbatas, , guru membuatkan video, rangkuman materi yang nantinya diberikan kepada siswa. ER -